pengaruh membaca alquran dan lingkungan masyarakat terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas viii di mtsn 4 madiun

Farida, Yuli (2019) pengaruh membaca alquran dan lingkungan masyarakat terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas viii di mtsn 4 madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_YULI FARIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Farida, Yuli. 2019. Pengaruh Membaca Alquran dan Lingkungan Masyarakat Terhadap KecerdasaN Spiritual Siswa MTsN 4 Madiun. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Harjali, M.Pd.

Kata kunci: Membaca alquran, lingkungan masyarakat dan kecerdasan spiritual siswa.

Kian maraknya arus globalisasi saat ini berpengaruh terhadap terjadinya dinamika atau perubahan sosial yang pesat dalam masyarakat. Dengan adanya arus globalisasi, akan memudahkan masuknya budaya luar ke dalam lapisan masyarakat. Secara historis, merosotnya sikap kemanusiaan dan spiritual pada abad ini adalah sebagai akibat dari terjadinya proses pembajakan emosional, atau bahkan pembutaan dan pembodohan emosional dan spiritual. Di Madrasah membaca alquran tidak hanya diberikan di sekolah saja, akan tetapi di lingkungan masyarakat juga mendapatkan hal tersebut. Pada umumnya siswa-siswi dalam madrasah program yang telah di terapkan dalam madrasah tersebut dan mengikuti kegiatan keagaamaan lainnya.Dalam konteks pembelajaran di sekolah, mengikuti membaca alquran juga merupakan program madrasah, siswa juga mengikuti program tersebut dengan aktif dan sungguh-sungguh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Adakah pengaruh membaca alquran dan lingkungan masyarakat terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTsN 4 Madiun?.Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh membaca alquran dan lingkungan masyarakat terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTsN 4 Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VIII di MTsN 4 Madiun yang berjumlah 64 siswa, dengan melihat pendapat Suharsimi Arikunto yaitu jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10%-15% atau 20%-25% atau lebih. Dalam penelitian ini penulis menetapkan 30% dari 254santri yang diteliti sejumlah 64 siswa.Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Spearman Brown, sedangkan untuk analisa data utamanya menggunakan rumus regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa membaca alquran dan lingkungan masyarakat terhadap kecerdasan spiritual siswa berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTsN 4 Madiun.Hal ini dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel, maka tolak H0 yang artinya pembiasaan membaca alquran (x1) dan lingkungan masyarakat (x2) berpengaruh pada kecerdasan spiritual (y) sebesar 39,62%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:53
Last Modified: 09 Aug 2019 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7043

Actions (login required)

View Item View Item