peningkatan hasil belajar fikih melalui strategi pembelajaranstudent teams achievement division (stad) di pondok pesantren miftahul huda doho dolopo madiun

Imaniah, Afidhatul (2019) peningkatan hasil belajar fikih melalui strategi pembelajaranstudent teams achievement division (stad) di pondok pesantren miftahul huda doho dolopo madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Imaniah, Afidhatul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Melalui Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Doho Dolopo Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd..

Kata Kunci: Hasil Belajar, Fikih, Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan Madrasah Diniyyah pada pembelajaran Fikih yang masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran hanya berpusat pada ustadz. Strategi konvensional ini mengakibatkan para santri merasa bosan, pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, kurang bersemangat, jarang berinteraksi maupun bekerjasama dengan sesama teman dan hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kerjasama dan hasil belajar santri dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan peningkatan kerjasama santri dalam belajar Fikih dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar Fikih santri dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan pengajar, dan subjek penelitiannya adalah santri kelas 3 Ula di Pondok Pesantren Miftahul Huda Doho Dolopo Madiun yang berjumlah 17 santri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terstruktur, tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Fikih melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar santri. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan kerjasama dengan persentase pada siklus I sebesar 67,65 % dan pada siklus II sebesar 76,47 %, sedangkan hasil belajar dengan persentase pada siklus 1 sebesar 82,35 % dan pada siklus II sebesar 100 %. Peningkatan nilai rata-rata kerjasama secara keseluruhan dari siklus I dan II sebesar 8,82 % dan hasil belajar sebesar 17,65 %. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada kerjasama dan hasil belajar santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Aug 2019 00:42
Last Modified: 09 Aug 2019 00:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item