peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak (studi kasus di mi khanzul huda gundik, slahung, ponorogo) tahun pelajaran 2018/2019

Sari, Lia Kartika (2019) peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak (studi kasus di mi khanzul huda gundik, slahung, ponorogo) tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210615144 LIA KARTIKA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sari, Lia Kartika. 2019. Peran Orang Tua dalam Perkembangan Kognitif Anak (Studi Kasus di MI Khanzul Huda Gundik, Slahung, Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Hj. Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd..

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perkembangan Kognitif

Perkembangan tidaklah terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar tetapi di dalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan, dan belajar. Perkembangan anak juga membutuhkan peran dan keterlibatan dari orang tua. Orang tua mempunyai peran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mental dan spiritual anaknya seperti memberikan pengawasan dan pengendalian yang wajar agar anak tidak tertekan, mengajarkan kepada anak tentang dasar-dasar pola hidup pergaulan yang benar, memberikan contoh perilaku yang baik dan pantas bagi anak-anaknya. Hal ini sesuai dengan perkembangan kognitif siswa kelas 3 di MI Khanzul Huda Gundik, Slahung, Ponorogo yang mengalami peningkatan setelah orang tua menjalankan perannya secara maksimal.
Tujuan penelitian untuk menjelaskan perkembangan kognitif siswa dan keterlibatan orang tua dalam mengembangkan ranah kognitif siswa kelas 3 di MI Khanzul Huda Gundik, Slahung, Ponorogo pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Sumber data utama penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan. Untuk menemukan data, peneliti menggunakan wawancara kepada kepala sekolah, guru, orang tua/wali, dan siswa. Selebihnya, data observasi dan dokumentasi dari MI Khanzul Huda Gundik, Slahung, Ponorogo. Teknik analisis data menggunakan analisis yang diberikan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa perkembangan kognitif siswa kelas 3 di MI Khanzul Huda Gundik, Slahung, Ponorogo berbeda-beda. Selanjutnya, keterlibatan orang tua dalam mengembangkan ranah kognitif siswa kelas 3 di MI Khanzul Huda Gundik, Slahung, Ponorogo, dengan cara mengikutkan anak ke bimbingan belajar, tetap berperan dalam mengawasi dan memantau saat mengerjakan PR, dan selalu berinteraksi dengan anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Aug 2019 00:45
Last Modified: 09 Aug 2019 00:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item