peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas vi sdn 4 ngasinan, jetis, ponorogo

Sugiantari, Desty Wahyu (2019) peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas vi sdn 4 ngasinan, jetis, ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210615148 DESTY WAHYU SUGIANTARI.pdf

Download (914kB) | Preview

Abstract

Sugiantari, Desty Wahyu. 2019. Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VI SDN 4 Ngasinan, Jetis, Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hj. Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Peran guru, kecerdasan interpersonal

Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan mengembangkan kualitas manusia. Salah satu tujuan pendidikan adalah mengembangkan kecerdasan. Dalam mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran seorang pendidik, yaitu guru. Peran guru salah satunya digunakan untuk mengembangkan kecerdasan anak didiknya. Hal ini sesuai dengan peran guru di SDN 4 Ngasinan, Jetis, Ponorogo yang dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Setelah guru menjalankan perannya secara maksimal, kecerdasan interpersonal siswa mengalami perkembangan yang lebih baik.
Tujuan penelitian (1) untuk menjelaskan peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SDN 4 Ngasinan, Jetis, Ponorogo (2) untuk menjelaskan peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SDN 4 Ngasinan, Jetis, Ponorogo (3) untuk menjelaskan peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SDN 4 Ngasinan, Jetis, Ponorogo (4) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data utama penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan. Untuk menemukan data, peneliti menggunakan teknik wawancara kepada kepala sekolah, guru, dan siswa. Selebihnya, data observasi dan dokumentasi dari SDN 4 Ngasinan, Jetis, Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa dengan cara memberikan contoh yang baik kepada siswa. Kemudian, peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa dengan cara memberikan dukungan kepada siswa untuk semangat belajar dan terus mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selanjutnya, peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa dengan cara menyajikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh siswa yang dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal berasal dari keluarga, dirinya sendiri, teman sebaya, dan pengaruh lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Aug 2019 00:46
Last Modified: 09 Aug 2019 00:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item