upaya meningkatkan prestasi belajar pai materi pokok hukum bacaan qalqalah dan ra’ melalui metode drill pada siswa kelas viii smp ma’arif 5 ngrupit ponorogo 2018-2019

Sembodo, Bagus Priyo (2019) upaya meningkatkan prestasi belajar pai materi pokok hukum bacaan qalqalah dan ra’ melalui metode drill pada siswa kelas viii smp ma’arif 5 ngrupit ponorogo 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PRINT-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bagus Priyo Sembodo, 2019. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Pokok Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra’ Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo 2018-2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Drill

Al-Qur’an merupakan kitab suci agama Islam yang dijadikan pedoman dan petunjuk bagi kehidupan, maka Agama Islam menganjurkan kepada umat muslim untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan tepat. Di SMP Ma’arif 5 terdapat problematika mengenai membaca Al-Qur’an yang mana banyak anak kelas VIII yang belum bisa membaca dengan baik banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari latar belakang siswa maupun metode yang kurang tepat, dengan waktu yang sangat sedikit dan juga kemampuan siswa yang banyak belum lancar membaca, metode drill adalah solusi dari permaslahan tersebut karena memaksimalkan waktu dan Guru lebih mudah mengontrol dan dapat membedakan mana siswa yang disiplin dalam belajarnya dan mana yang kurang dengan memperhatikan tindakan dan perbuatan siswa disaat berlangsungnya pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) penerapan metode drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi hukum bacaan Qalqalah dan Ra’ pada siswa kelas VIII Smp Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo (2) peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi hukum bacaan Qalqalah dan Ra’ siswa kelas VIII Smp Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yaitu Pra Siklus, Siklus I Siklus II dan Siklus III, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas VIII SMP Ma’arif 5 Kecamatan Ngrupit Ponorogo.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwan : (1) upaya Penerapan Metode Drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok hukum bacaan qalqalah dan ra’ kelas VIII SMP Ma’arif 5 Ponorogo terbagi dalam tiga siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus tersebut meliputi empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi ; (2) Setelah di terapkanya metode drill terdapat peningkatan prestasi belajar PAI materi hukum bacaan Qalqalah dan Ra’ Hal ini terbukti dengan peningkatan yang signifikan pada penelitian siklus I hasil tes praktek 59,10 % dan tes tulis 72,73 %. Pada siklus II hasil tes praktek 81,81 % dan tes tulis 90.90 %. Pada siklus III hasil tes praktek 90.90 dan tes tulis 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:42
Last Modified: 08 Aug 2019 00:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/6980

Actions (login required)

View Item View Item