implementasi pembelajaran kitab al-tibyan fi adabi hamalat al-qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren assyafi’iyah durisawo ponorogo

Rikhanatun, Rikhanatun (2019) implementasi pembelajaran kitab al-tibyan fi adabi hamalat al-qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-qur’an santri di pondok pesantren assyafi’iyah durisawo ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RIKHANATUN 210315202.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rikhanatun. 2019. Implementasi Pembelajaran Kitab Al-Tibyan Fi Adabi
Hamalat Al-Qur’an dalam Meningkatkan Akhlak Menghafal Al-Qur’an
Santri di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo.Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi
Prahara, M.Ag..
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Akhlak Menghafal Al-Qur’an
Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo merupakan salah satu lembaga
pendidikan Islamiyah dengan sistem pembelajaran yang memiliki keunggulan
ajaran keagamaan seperti pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-
Qur’an. Pembelajaran ini secara umum memprioritaskan kitab yang dikaji namun
lebih menekankan pada santri dalam mengetahui adab, akhlak dalam menghafal
al-Qur’an. Menghafal adalah salah satu cara memelihara dan menjaga al-Qur’an
merupakan salah satu perbuatan baik dihadapan Allah. Sehingga terbentuknya
pembelajaran ini banyak santri yang menghafal al-Qur’an dengan tujuan agar
santri dapat meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an dengan cara menjaga diri
dari hal yang dicegah al-Qur’an karena mengagungkan al-Qur’an menjaga diri
dari perbuatan tercela, berjiwa mulia.
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran kitab al-Tibyan
fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an
santri, dengan rumusan masalah yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran kitab al-
Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-
Qur’an santri (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab al-Tibyan
fi adabi hamalat al-Qur’an dalam meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an
santri (3) dampak pembelajaran kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an dalam
meningkatkan akhlak menghafal al-Qur’an santri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliti kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Dari hasil yang telah disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran
kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an sudah cukup baik dengan
menggunakan metode weton/bandongan yang dilaksanakan setiap malam senin
dengan tujuan supaya santri tau mempelajari ilmu al-Qur’an bagaimana cara
menjaga al-Qur’an baik dari segi adab/akhlak (2) Faktor pendukung dalam
pembelajaran: peran aktif dari guru/ustadz, kitab al-Tibyan fi adabi hamalat al-
Qur’an yang digunakan oleh ustadz dalam penyampaian materi. Sedangkan faktor
penghambat: malas dan mengantuk pada santri. (3) dampak pembelajaran kitab
al-Tibyan fi adabi hamalat al-Qur’an, para santri lebih berhati-hati dalam
mempelajari al-Qur’an dan merasa antusias adanya pembelajaran kitab kuning
sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan lancar mencapai hasil yang maksimal
salah satunya dapat membersihkan hati yang terhindar dari sifat tercela.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:48
Last Modified: 08 Aug 2019 00:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/6979

Actions (login required)

View Item View Item