Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Kelas 2 MI Sabilil Islam Ketandan Madiun Tahun Ajaran 2018/2019

Ariyani, Lestari Dwi (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Kelas 2 MI Sabilil Islam Ketandan Madiun Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ariyani, Lestari Dwi. 2019. Pengaruh penggunaan Metode drill terhadap tingkat pemahaman dan daya ingat Siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing , Mukhlison Effendi, M.Ag
Kata Kunci: Metode Drill, pemahaman, daya ingat

Metode Drill merupakan salah satu metode yang disediakan untuk cara mengajar dimana peserta didik melaksanakan kegiatan latihan, agar peserta didik memiliki ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Alasan menggunakan metode Drill karena dapat memenuhi tuntutan jiwa anak-anak yang mempunyai sifat dorongan ingin tahu. Di MI Sabilil Islam Ketandan Madiun terdapat beberapa siswa yang nilai bahasa Arab masih di bawah kriteria ketuntasan minimal, yakni 70. Hal ini kemudian menjadikan indikasi bahwa pemahaman dan daya ingat siswa mengenai kosakata bahasa Arab di MI Sabilil Islam Madiun masih belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun (2) pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat daya ingat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun, dan (3) pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat pemahaman dan daya ingat Siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas 2 MI Sabilil Islam Ketandan Madiun dengan jumlah 50 siswa, dengan 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan manova (Multivariate Analysis of Variances).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun. Besar pengaruhnya adalah 36,2%, sedangkan 63,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat pemahaman dan daya ingat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun. Besar pengaruhnya adalah 50,8%, sedangkan 49,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat pemahaman dan daya ingat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun. Besar pengaruhnya adalah 87%, sedangkan 13% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:08
Last Modified: 08 Aug 2019 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item