pengaruh penerapan metode sas (terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas i mi sabilil islam madiun tahun ajaran 2018/2019

Putriana, Sukmawati (2019) pengaruh penerapan metode sas (terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas i mi sabilil islam madiun tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Putriana, Sukmawati. 2019. Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I MI Sabilil Islam Madiun Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing , Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd

Kata Kunci: Metode SAS, keterampilan membaca, keterampilan menulis

Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) merupakan salah satu metode yang disediakan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas permulaan SD. Alasan menggunakan metode SAS karena dapat memenuhi tuntutan jiwa anak-anak yang mempunyai sifat dorongan ingin tahu, dengan metode SAS bahan pengajaran diberikan melalui pendekatan struktur. Di MI Sabilil Islam Madiun terdapat beberapa siswa yang keterampilan membaca dan menulis masih di bawah kriteria ketuntasan minimal, yakni 70. Hal ini kemudian menjadikan indikasi bahwa keterampilan membaca dan menulis di MI Sabilil Islam Madiun masih belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun, (2) pengaruh penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan membaca siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun, dan (3) pengaruh penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan menulis siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun dengan jumlah 45 siswa, dengan 23 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan manova (Multivariate Analysis of Variances).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun. Besar pengaruhnya adalah 55%, sedangkan 45% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh yang tidak signifikan antara penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan membaca siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun. Besar pengaruhnya adalah 19,2%, sedangkan80,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh yang tidak signifikan antara penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan menulis siswa kelas I MI Sabilil Islam Madiun. Besar pengaruhnya adalah 35,8%, sedangkan 64,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:09
Last Modified: 08 Aug 2019 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item View Item