Peran Guru dalam Mengatasi Problematika Penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo

dewi, aris permata (2019) Peran Guru dalam Mengatasi Problematika Penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
new isi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewi, Aris Permata. 2019. Peran Guru dalam Mengatasi Problematika Penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Guru, Problematika Penghafal Al-Qur’an
Problematika merupakan suatu masalah yang menghambat terjadinya tujuan yang hendak dicapai. Setiap peserta didik pasti mempunyai problem dalam dirinya seperti halnya siswa penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo yang mempunyai problem ketika mereka menghafal. Setiap peserta didik di MAN 2 Ponorogo diwajibkan untuk dapat menghafalkan surat-surat pilihan dan juga juz 30. Guru dalam melaksanakan perannya yaitu sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, pengelola, harus mampu melayani peserta didik yang dilandasi dengan kesadaran (awarreness), keyakinan (belief), kedisiplinan (discipline), dan tanggung jawab (responsibility) secara optimal sehingga memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan siswa baik fisik maupun psikis. Demikian guru juga berperan terhadap kemajuan hafalan Al-Qur’an siswa, akan tetapi berdasarkan studi pendahuluan di MAN 2 Ponorogo ditemukan beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh (1) kesulitan siswa dalam menghafal; (2) rasa bosan atau malas yang disebabkan oleh banyaknya tugas serta kegiatan di sekolah, dan (3) rendahnya semangat menghafal karena kurangnya minat mereka dalam menghafal.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan apa saja problem penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo; (2) mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi problem penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo dan (3) mendeskripsikan cara mengatasi problem penghafal Al-Quran di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Milles Hiberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) problem yang dihadapi penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo yaitu: sukar menghafal, rasa bosan (malas), rendahnya semangat menghafal, kurang konsentrasi dan masalah pribadi; (2) cara guru dalam mengatasi problem penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo adalah dengan melakukan pengaturan waktu, memperbaiki bacaan, menentukan prestasi hafalan dan beasiswa tahfid (3) peran guru dalam mengatasi problem penghafal Al-Qur’an di MAN 2 Ponorogo adalah guru sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, dan pengelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: umi rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:42
Last Modified: 06 Oct 2021 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/6962

Actions (login required)

View Item View Item