Korelasi antara Tingkat Intelegensi dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014

Tumiran, Nur Aziz (2014) Korelasi antara Tingkat Intelegensi dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
15PAI03 tumiran nur aziz.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tingkat kecerdasan atau intelegensi (IQ) siswa sangat menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Ini bermakna, semakin tinggi kemampuan intelegensi seorang siswa, maka semakin besar peluangnya untuk meraih sukses, dan sebaliknya semakin rendah kemampuan intelegensi seorang siswa maka semakin kecil peluangnya untuk memperoleh sukses. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Pencapaian individu dari proses belajar disebut dengan prestasi belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat intelegensi siswa di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014?. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014?. (3) Bagaimana prestasi belajar siswa di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014?. (4) Apakah ada hubungan yang signifikan tingkat intelegensi siswa, dan Motivasi dengan prestasi belajar aqidah akhlak di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014?
Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach, dan uji normalitas menggunakan liliefors, untuk mengetahui penentuan kategori menggunakan standar deviasi dan mean, sedangkan untuk menganalisa data yang digunakan adalah rumus korelasi ganda.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara tingkat intelegensi siswa, dan Motivasi belajar dengan prestasi belajar aqidah akhlak di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Tingkat Intelegensi siswa di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 adalah tergolong cukup dengan prosentase 53,846 % dari 26 siswa Motivasi belajar siswa di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 adalah tergolong cukup dengan prosentase 50 % dari 26 siswa. Prestasi belajar siswa di kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 adalah tergolong baik dengan prosentase 34,6154 % dari 26 siswa. Dalam tabel F, taraf signifikan 5%, diperoleh F_(tabel )sebesar 3,42 dengan F_(hitung ) sebesar 10,641635 maka F_(hitung ) >〖 F〗_(tabel ) sehingga Ho ditolak. Artinya ada korelasi yang signifikan antara Tingkat Intelegensi dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI MA Ronggowarsito Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 0.4903 .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: (I) Dr.Muhammad Thoyib M.Pd. (2) Andhita Dessy Wulansari M.Si
Subjects: ?? 2X73 ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:56
Last Modified: 27 Aug 2019 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item