Implementasi Peratuaran Menteri Pendidikian dan Kebudayaan No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Jenangan

Imam, Fatoni (2015) Implementasi Peratuaran Menteri Pendidikian dan Kebudayaan No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PAI02 imam fatoni.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Standar Proses ini berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran, yang berarti dalam Standar Proses ini berisi tentang bagaimana seharusnya proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian standar proses ini dimaksudkan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru dalam pengelolaan pembelajarannya, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Penelitian ini mempunyai tujuan (1.) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMKN 1 Jenangan (2.) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMKN 1 Jenangan. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Jenangan. Teknik pengumpulan data mengunakan interview, dokumentasi, observasi. Analisis mengunakan beberapa tahap: 1 reduksi data, 2 penyajian data, 3 penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Penelitian ini menghasilkan: (1) Perencanaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Jenangan yang dilakukan guru berupa Silabus dan RPP. Dalam pengembangan silabus untuk setiap pelajaran dilakukan oleh tim pengembang kurikulum yang mencangkup jenis lembaga pendidikan. RPP sudah dipersiapkan sebelumnya oleh guru yang disusun oleh MGMP yang di supervisi oleh kepala sekolah. yang mana dalam hal tersebut sudah sesuai dengan Permendikbud No 65 Tahun 2013 tentang standar proses (2) Dalam komponen pelaksanaan proses pembelajaran, guru-guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 1 Jenangan sudah sesuai dengan standar proses No 65 Tahun 2013 dengan pendekatan ilmiah (scientific approach). Hal tersebut dibuktikan dengan guru dalam langkah pembelajaran guru melaksanakan kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup yang mengacu pada silabus dan RPP. Termasuk di dalamnya ada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan/eksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: (1) Drs. Ju’Subaidi, M. Ag (2) Sugiyar, M.Pd. I
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:40
Last Modified: 29 Jun 2015 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item