Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa/Siswi Kelas iii Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sriani, Sriani (2018) Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa/Siswi Kelas iii Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SRIANI 210614055 PGMI 2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sriani. 2018. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa/Siswi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.SI.
Kata Kunci : disiplin belajar, gaya belajar, prestasi belajar.
Disiplin belajar berfungsi untuk menerapkan cara belajar yang baik sehingga siswa dapat mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Akan tetapi, disiplin belajar terbentuk melalui kebiasaan yang diciptakan oleh siswa itu sendiri. Apabila siswa sudah memiliki disiplin belajar yang baik dan mengetahui cara belajar sesuai dengan kemampuannya, maka hasilnya pun akan terlihat dari segi perilaku dan prestasinya.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi siswa kelas III di MIN 1 Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018, (2) pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi siswa kelas III di MIN 1 Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018, (3) pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi siswa kelas III di MIN 1 Ponorogo tahun pelajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 responden dengan jumlah sampel yang digunkan sebanyak 44 responden, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling yakni pengambilan sampel secara acak. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil sebagai berikut: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan p-value = 0,400 > 0,005 atau H0 diterima. Berpengaruh sebesar 1,7% dengan kategori sangat rendah, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan p-value = 0,003 < 0,005 atau H0 ditolak. Berpengaruh sebesar 19% dengan kategori sangat rendah, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan p-value = 0,005 ≤ 0,005 atau H0 ditolak. Berpengaruh sebesar 22,9% dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:41
Last Modified: 26 Jul 2018 07:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item