Mubayin, Anas (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH FORMAL AL JAYADI KETANDAN DAGANGAN MADIUN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Watermark_Tesis Fulltext_Anas Mubayin (502210055).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM
PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI
MADRASAH DINIYAH FORMAL AL JAYADI MADIUN
ABSTRAK
Lembaga pendidikan yang mampu menyelenggarakan
pendidikan yang unggul dituntut untuk menghasilkan manusia
yang lebih baik. Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan
yang mampu memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, baik
berupa pelayanan maupun hasil. Berbicara tentang kualitas,
kapasitas lembaga pendidikan dalam menggunakan sumber daya
pendidikan untuk mengembangkan kapasitas belajar merupakan
faktor pendukung dalam mencapai kualitas pendidikan yang
baik. Akibatnya, lembaga pendidikan harus terus berkembang
guna meningkatkan kualitas (mutu) lulusan dengan
menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan. Dalam hal ini
fungsi kepala madrasah sebagai pemimpin dituntut untuk
meningkatkan mutu pendidikan lembaga pendidikan yang
dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis: (1) Peran kepala madrasah sebagai pemimpin;
(2) Peran kepala madrasah sebagai manajer; (3) Peran kepala
madrasah sebagai supervisor, di Madrasah Diniyah Al Jayadi
Ketandan Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode
analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil terbaik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Al Jayadi
Ketandan Madiun, yaitu: (1) Dalam menjalankan perannya
sebagai pemimpin, kepala madrasah berhasil memiliki
kemampuan dalam melakukan pembinaan, pengawasan, dan
x
meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan; (2)
Sehubungan dengan peran sebagai manajer, kepala madrasah
telah melaksanakan empat fungsi utama manajerial yakni
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
pengarahan (motivating), dan pengendalian (controling); (3)
Kepala madrasah sebagai supervisor memberikan pengawasan
dan bimbingan kepada guru dalam hal pengembangan profesi,
pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa, dan
dalam melakukan supervisi, kepala madrasah juga memberikan
ruang bagi guru untuk mengajukan keluhan atau saran untuk
memperbaiki kualitas (mutu) pendidikan.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan,
Madrasah Diniyah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib, Sugiyar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dwi Eliana Sari |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:49 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 08:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32115 |
Actions (login required)
View Item |