Krisanto, Hani Vidya (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI BACA TULIS PADA SISWA DI SD ISLAM EXCELLENT HIDAYATUL UMMAH MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190244_HANI VIDYA KRISANTO_PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Krisnanto, Hani Vidya. 2024. Implementasi Program Literasi Baca
Tulis pada Siswa di SD Islam Excellent Hidayatul Ummah
Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Esti Yuli
Widayanti.
Kata kunci: Implementsi Literasi Baca Tulis, Faktor Pendukung dan
Penghambat
Membaca dan menulis merupakan suatu kemampuan yang dapat
memberikan pengaruh yang baik dalam kemampuan literasi dan berpikir
anak. Kemampuan literasi pada siswa dapat dimulai dengan
meningkatkan minat baca pada siswa. Melalui kegiatan literasi baca tulis
di sekolah dasar siswa dapat berlatih dan meningkatkan berbagai
kemampuan yang ada pada dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan
program literasi baca tulis di SD Islam Excellent Hidayatul Ummah
Magetan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor
penghambat program literasi baca tulis di SD Islam Excellent Hidayatul
Ummah Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek
penelitian iniyaitu waka kurikulum, guru, dan peserta didik dengan
metode pengumpulan datayaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi,
serta analisis data yang digunakanyaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan, serta verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program
literasi baca tulis di SD Islam Excellent Hidayatul Ummah Magetan
dilaksanakan berdasarkan tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, tahap
pengembangan, dan tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan
melakukan kegiatan 15 menit membaca, menyediakan pojok baca di
dalam kelas, menyediakan majalah dinding (mading), dan menyediakan
perpustakaan. Pada tahap pengembangan melakukan membaca secara
terpadu dan membaca secara bersama-sama, dan Pada tahap
penmbelajaran melakukan penataan kelas yang berbasis literasi,
menyimpulkan hasil bacaan yang dibaca oleh peserta didik. Adapun
faktor pendukung program literasi baca tulis yang ada di SD Islam
Excellent Hidayatul Ummah Magetan yaitu berupa perpustakaan, buku
bacaan, majalah dinding (mading), dan pojok baca. Sedangkan faktor
penghambat dalam pelaksanaan program literasi baca tulis diSD Islam
Excellent Hidayatul Ummah Magetan yaitu seperti kebiasaan siswa
yang kurang terhadap kegiatan membaca dan perkembagan teknologi
digital yang membuat peserta didik lebih suka melihat HP daripada
membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Esti Yuli Widayanti |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 01:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 01:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32099 |
Actions (login required)
View Item |