Yumna, Hanina Talitha (2024) ..(TAMBAHKAN SURAT LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN TANDA TANGAN ASLI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi hanina talitha fix.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas
IX MTs 3 Yanggong Ponorogo menunjukkan bahwa sebagian
besar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal
(KKM). Hal ini mengindikasikan adanya kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran yang diajarkan. adanya
tantangan yang signifikan dalam pemahaman materi
pembelajaran. Berdasarkan data nilai hasil belajar siswa kelas
IX di MTs 3 yanggong Ponorogo pada penilaian ulangan harian
umum masih dalam kategori rendah. Hal tersebut dapat
disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa, salah satunya ialah karena metode pembelajaran yang
konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal ini
menunjukkan perlunya pendekatan pengajaran yang lebih
inovatif dan interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa
serta pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Oleh
karena itu, penelitian ini berfokus pada penerapan metode
demonstrasi sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
(1) besar pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar
kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas IX di MTs 3
yanggong Ponorogo (2) besar pengaruh metode demonstrasi
terhadap hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Fiqh
kelas IX di MTs 3 Yanggong Ponorogo
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu
quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh
kelas IX dan pemilihan sampel menggunakan Teknik non-
probability purposive sampling, dengan perincian kelas IX A
sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IX B sebagai kelas
eksperiman, sehingga total sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebesar 30 siswa. Data dikumpulkan melalui
pretest, posttest, angket, dan wawancara. Analisis data
menggunakan statistic deskriptif dan statistika inferensial
dengan bantuan SPSS versi 16 dengan Independet Sample t-Test
Berdasarkan hasil perhitungan statistik, menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar
kognitif siswa setelah penerapan metode demonstrasi pada kelas
eksperimen. Rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen
adalah 78,1. Hal tersebut membuktikan bahwa nilai posttest
kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre-test
yang mendapat 68,9. Adapun hasil belajar pada ranah afektif,
kelas eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi
memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 30,6
dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki rata-rata
24,9. Berdasarkan perhitungan Independent Sample t-Test pada
hasil belajar kognitif, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004
yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan hasil
keputusan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan
yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode
pembelajaran demonstrasi dengan metode pembelajaran
konvensional dimana metode pembelajaran demonstrasi lebih
efektif daripada metode pembelajaran konvensional pada ranah
kognitif. Adapun hasil perhitungan Independent Sample t-Test
pada hasil belajar afektif, diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan
hasil keputusan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan
metode pembelajaran demonstrasi dengan menggunakan
metode pembelajaran konvensional dimana metode
pembelajaran demonstrasi juga lebih efektif daripada metode
pembelajaran konvensional dalam ranah afektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syafiq Humaisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:02 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 02:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32070 |
Actions (login required)
View Item |