Zaiyani, Zaiyani (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA MI MA'ARIF MAYAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190194_ZAIYANI_PGMI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Zaiyani. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Bangun Datar terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Hestu Wilujeng.
Kata Kunci: lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, bangun datar, berpikir logis matematis
Penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat dalam proses pembelajaran mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak fokus ketika menerima materi pelajaran. Berdasarkan hasil preliminary study kemampuan berpikir logis siswa rendah sehingga mengakibatkan kegiatan belajar mengajar kurang maksimal. Hal tersebut diketahui melalui hasil soal tes kepada siswa MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sebuah produk pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir logis matematis siswa yakni sebuah lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing dengan memuat materi keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing materi keliling dan luas bangun datar; (2) mengetahui kelayakan pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing materi keliling dan luas bangun datar; (3) menguji analisis respon siswa terhadap produk pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing materi keliling dan luas bangun datar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D dengan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli diantaranya yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Adapun responden yang dilibatkan adalah 26 siswa kelas III. Data validitas dan kelayakan produk diambil dengan menggunakan angket validasi kelayakan serta data efektivitas menggunakan soal tes.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, ditemukan bahwa (1) pengembangan dilakukan melalui tahapan-tahapan yang terdapat dalam pengembangan ADDIE yaitu analyze, desain, develop, implement, dan evaluate. Namun dalam penelitian ini peneliti hanya membatasi sampai pada tahap ke-3 yaitu pengembangan (develop), karena hanya sampai pada tahap 3 sudah dapat menjawab hasil penelitian. (2) lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sudah layak. Hasil ini ditunjukkan dengan analisis validasi LKS yang memiliki rata-rata 3,68 serta angket respon siswa memiliki rata-rata 3,67. (3) respon siswa terhadap lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 79,23% dan persentase rata-rata tes hasil belajar siswa terhadap kemampuan berpikir logis matematis adalah 78,6% sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir logis matematis siswa dengan penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hestu Wilujeng |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 05:43 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 05:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32043 |
Actions (login required)
View Item |