Malikhah, Eniriatul (2023) Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas XI (PTK di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI ENIRIATUL_201190076_PUBLIKASIFINAL.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa merupakan salah satu hal utama yang hendak dicapai guru dalam proses pembelajaran. Berbagai aspek dalam unsur-unsur kegiatan belajar mengajar memiliki pengaruh besar terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Berdasarkan observasi yang dilakukan, didapatkan data bahwa keaktifan siswa pada proses pembelajaran belum mencapai setengah jumlah siswa di dalam kelas, yaitu sebesar 44,11%. Ketika diadakan assesment harian, didapatkan data bahwa masih terdapat beberapa siswa yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 50% atau setengah dari total keseluruhan siswa. Hal tersebut menyebabkan guru harus melakukan remedial pada sebagian siswa tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menerapkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya; (2) untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III. Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan yang beranggotakan 34 siswa, dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Alasan pemilihan kelas XI sebagai subjek penelitian yaitu karena pada kelas XI didapati kurangnya motivasi dan kepercayaan diri dalam diri siswa untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran. Perasaan malu, minder dan kurangnya keberanian untuk berinteraksi dengan guru atau sesama siswa lain selama proses pembelajaran, sehingga terdapat beberapa permasalahan, salah satunya yaitu kurang optimalnya keaktifan belajar selama proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa: (1) metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase keaktifan belajar siswa sebesar 53,43%, meningkat pada siklus I menjadi 75,80%, kemudian mengalami peningkatan lagi menjadi 76,47% pada siklus II, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III menjadi 83,33%. Peningkatan keaktifan belajar juga terlihat dari lima indikator keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Khususnya pada indikator oral activity, mental activity, dan writing activity; (2) metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus, siswa yang nilainya dalam kategori tuntas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I menjadi 82,35%, kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 85,30%, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 91,20% dari total keseluruhan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 05:39 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 05:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32039 |
Actions (login required)
View Item |