Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Ponorogo

Fajar, Miftahul (2024) Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200026_MIFTAHUL FAJAR_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fajar, Miftahul. 2024. Pengunaan Model Project Based Learning dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Mata Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata kunci : Project based Learning, Tanggung Jawab, IPS
Model Project Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mendorong peserta didik menjadi lebih aktif, mandiri, dan kreatif. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis proyek dapat membangun karakter peserta didik terutama pada kreativitas dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Salah satu sekolah yang telah menerapkan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPS Terpadu adalah SMP Negeri 4 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pelaksanaan model project based leaarning pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Ponorogo. (2) mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengunaan model projetc based learning dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo. (3) mengetahui dan menganalisis dampak pengunaan model project based learning di SMPN 4 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru IPS,dan siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam anlisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, tringulasi sumber, teknik dan waktu.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) pelaksanaan model project based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo yaitu Pertama, Orientasi siswa terhadap masalah auntentik. Kedua, mengorganisasikan peserta didik. Ketiga, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, keempat, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kelima, pembiasaan baik dari guru. (2) adapun faktor pendukung penggunaan model project based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa yaitu guru yang profesional dan siswa yang antusias dan fakor penghambat penggunaan model project based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa yaitu maslah waktu yang relatif pendek. (3) dampak penggunaan model project based learning dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa yaitu pertama, siswa lebih melaksanakan tugas individu dengan baik. Kedua, siap menerima dampak dari apa yang dilakukan. ketiga, inisiatif untuk berpartisipasi aktif dalam belajar. Keempat, disiplin dalam menejemen sumber belajar dan memiliki kesiapan belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:46
Last Modified: 22 Jan 2025 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31998

Actions (login required)

View Item View Item