..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, (LETAK: DI BAWAH LEMBAR PENGESAHAN), TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN METODE CANTOL ROUDHOH DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MUSLIMAT NU 013 ISLAMIYYAH II SEDAH JENANGAN

Salhana Najwa Lubaba, Najwa (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, (LETAK: DI BAWAH LEMBAR PENGESAHAN), TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN METODE CANTOL ROUDHOH DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MUSLIMAT NU 013 ISLAMIYYAH II SEDAH JENANGAN. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Edit A5 Salhana_Najwa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Membaca permulaan adalah membaca yang
diajarkan secara terprogram kepada anak prasekolah.
Program ini menumpukkan perhatian pada perkataan�perkataan yang utuh, bermakna dalam konteks pribadi
anak dan bahan-bahan yang diberikan melalui permainan
dan kegiatan yang menarik sebagai perantara
pembelajaran. Metode diartikan cara kerja yang bersistem
untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna
mencapai tujuan yang ditentukan. Salah satu metode yang
digunakan untuk menumbuhkan kemampuan membaca
permulaan anak di RA Muslimat NU 013 Islamiyah II
Sedah Jenangan adalah metode Cantol Roudhoh.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan
penerapan metode cantol roudhoh dalam menumbuhkan
membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat
NU 013 Islamiyah II Sedah Jenangan; (2) Menganalisis
capaian penerapan metode cantol roudhoh terhadap
kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5
tahun di RA Muslimat NU 013 Islamiyah II Sedah
Jenangan; dan (3) Menjelaskan faktor–faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan pada
anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 013 Islamiyah II
Sedah Jenangan.

Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian
ini dilakukan di RA Muslimat NU 013 Islamiyah II Sedah
Jenangan dengan subjek informan kepala sekolah, guru
kelas. Pada proses pengumpulan data dilakukan dengan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan
teknik analisis data menggunakan model Milles,
Huberman, dan Saldana. Dalam proses analisis data
terdapat tiga langkah yaitu kondensasi data, menyajikan
data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan metode Cantol Roudhoh di RA Muslimat NU
013 Islamiyah II Sedah Jenangan terbukti efektif dalam
menumbuhkan kemampuan membaca anak usia 4-5
tahun. Metode ini dilaksanakan dari hari Senin hingga
Kamis dengan durasi 60 menit per sesi, di mana satu guru
mengajar satu kelas. Metode ini memanfaatkan berbagai
media, seperti cerita, lagu, dan gambar, untuk melatih
daya ingat anak. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa anak�anak mengalami perkembangan yang signifikan dalam
mengidentifikasi suku kata, membaca kata sederhana,
serta meningkatkan daya ingat, minat, motivasi, dan
keterampilan sosial. Selain itu, evaluasi juga
mengungkapkan kemajuan dalam penggunaan ucapan,
pemahaman frasa, intonasi, dan keterampilan membaca
secara keseluruhan. Beberapa faktor yang berkontribusi
terhadap keberhasilan penerapan metode ini meliputi
keterlibatan orang tua, pendekatan pengajaran yang
kreatif, tingkat motivasi dan minat anak, serta
pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:21
Last Modified: 21 Jan 2025 08:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31977

Actions (login required)

View Item View Item