Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ponorogo

Khiyarotulwaro, Niam (2024) Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200030_NIAM KHIYAROTULWARO_TIPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Khiyarotulwaro, Niam. 2024. Pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran
IPS siswa kelas viii di SMP Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:
Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran proyek, Mata pelajaran IPS, Siswa

Pembelajaran berbasis proyek diterapkan sebagai inovasi dalam pengajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ponorogo, khususnya pada materi pemanfaatan dan potensi sumber daya alam. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas VIII D tahun ajaran 2023/2024, yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang isu-isu lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ponorogo, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berbasis proyek pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ponorogo. 3) Bagaimana dampak pembelajaran berbasis proyek pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ponorogo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru IPS, dan siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber, Teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) Pembelajaran berbasis proyek terdiri dari tiga tahapan: Tahap perencanaan berfokus pada penyediaan sumber belajar, Tahap pelaksanan realisasi tugas dan pengorganisasian kelompok kerja. Terakhir, tahap evaluasi penting untuk mengukur pencapaian siswa dengan mempertimbangkan aspek pengelolaan, relevansi, dan orisinalitas proyek. 2) Faktor pendukung model pembelajaran berbasis proyek yaitu: Memiliki guru yang profesional dalam pembelajaran, Semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran dan Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung dalam proses pembelajaran. Sedangkan Faktor penghambat model pembelajaran berbasis proyek meliputi: Karakteristik siswa didalam kelas yang bermacam-macam, Gaya belajar dan tingkat motivasi pembelajaran yang berbeda, serta Alokasi waktu pembelajaran yang tidak digunakan dengan baik. 3) Dampak pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS adalah menjadikan siswa sebagai generasi yang aktif dan kreatif serta tidak hanya didasarkan pada pemenuhan standar akademik, tetapi juga untuk melatih tanggung jawab dan ketrampilan social.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:16
Last Modified: 13 Jan 2025 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31938

Actions (login required)

View Item View Item