Nurhidayat, Hen Dwika (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Keterlibatan Stakeholder dalam Meningkatakan Pelayanan Publik di SMPN 3 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Upload Etesis or Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keterlibatan stakeholder merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang mencerminkan kinerja pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Melibatkan semua pihak yang berkepentingan dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan adalah langkah bijak, karena dapat memberikan masukan dan saran yang berharga. Dengan melibatkan stakeholder, layanan publik yang diberikan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, sehingga mampu menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis bentuk implementasi keterlibatan stakeholder dalam meningkatkan pelayanan publik; (2) mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi keterlibatan stakeholder dalam pelayanan publik; dan (3) mengetahui dan menganalisis dampak implementasi keterlibatan stakeholder dalam meningkatkan pelayanan publik.
Untuk menjawab seluruh pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun sumber data diperoleh dari beberapa narasumber yaitu kepala sekolah, komite, dan perwakilan orang tua siswa, yang memberikan wawasan mendalam mengenai proses keterlibatan. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa: (1) Bentuk implementasi keterlibatan stakeholder di SMPN 3 Sambit Ponorogo telah dilakukan dengan baik melalui pembentukan tim yang melibatkan berbagai pihak, identifikasi kebutuhan stakeholder, serta penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memastikan pelayanan yang efektif dan transparan; (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi keterlibatan stakeholder dalam pelayanan publik beberapa aspek. Faktor pendukungnya mencakup kompetensi guru, dukungan aktif dari orang tua, peran komite sekolah, fasilitasi dari Dinas Pendidikan, serta kerja sama dengan Baznas yang memberikan fondasi kuat bagi keberhasilan program-program sekolah. Namun, terdapat juga tantangan yang menghambat, seperti keterbatasan jumlah guru dan kurangnya pemahaman mengenai pentingnya keterlibatan stakeholder di kalangan beberapa pihak.; dan (3) Dampak implementasi keterlibatan stakeholder dalam meningkatkan pelayanan publik di SMPN 3 Sambit Ponorogo berdampak positif terlihat dari peningkatan partisipasi masyarakat dalam pendidikan, kepercayaan yang lebih besar terhadap sekolah, dan penyelesaian proyek sekolah secara efisien yang memenuhi kebutuhan operasional yang menguntungkan dan berkelanjutan, yang pada akhirnya mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di sekolah dan memperkuat peran sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammmad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 02:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 02:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31923 |
Actions (login required)
View Item |