Mustofa, Ghufron (2024) Implementasi Punishment dan Reward Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Plalangan Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SEKRIPSI GHUFRON MUSTOFA.pdf Download (950kB) | Preview |
Abstract
Kedisiplinan merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan suatu
proses pembelajaran. Karena jika dalam diri santritidak memiliki sikap yang
disiplin untuk proses pembelajaran, maka akan sulit mencapai sebuah proses belajar
yang efektif. Kedisiplinan sangat membantu proses belajar di Pondok Pesantren,
karena kedisiplinan bisa masuk kesemua hal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis punismnet dan reward dalam
meningkatkan kedisiplinan, khususnya dalam lingkungan pendidik seperti pondok
pesantren. Pendekatan behavioristik dari B.F. Skinner digunakan sebagai teori
utama, dimana punishment bertujuan untuk mengurangi perilaku negatif, sementara
reward diberikan untuk memperkuat perilaku posotif. Implementasi punishment
mencakup teguran lisan, hukuman fisik ringan dan berat dan pemberian edukatif,
sedangkan reward diberikan dalam bentuk pujian dan penghargaan material.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, di mana data
yang diperoleh melalui wawancara dan observasi, subjek penelitian meliputi
pengasuh pondok, lurah putra dan putri, pengurus keamanan, dan santri putra.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa implementasi punishment dan
Reward dilakukan secara seimbang dan dan terstruktur. Punishmen yang diterapkan
mencakup teguran lisan, pekerjaan sosial( seperti membersihkan lingkungan ) dan
dan hukuman berupa syari’at islam. Hokum ini dirancang agar bersifat edukatif dan
tidak merugikan secara fisik atau mental. Sementara itu, Reward diberikan dalam
bentuk pujian dan penghargaan yang efektif dalam meningkatkan notivasi santri
agar berperilaku baik dan tidak melanggar aturan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi punishment dan
Reward secara baik membantu meningkatkan kedisiplinan santri. Selain itu peran
pengasuh dan pengurus dalam pelaksanaan metode ini menjadi faktor penting
dalam keberhasilanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mohammad Rozi Indrafuddin |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31902 |
Actions (login required)
View Item |