Implementasi Punishment dan Reward Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Plalangan Jenangan Ponorogo

Mustofa, Ghufron (2024) Implementasi Punishment dan Reward Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Plalangan Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SEKRIPSI GHUFRON MUSTOFA.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan suatu

proses pembelajaran. Karena jika dalam diri santritidak memiliki sikap yang

disiplin untuk proses pembelajaran, maka akan sulit mencapai sebuah proses belajar

yang efektif. Kedisiplinan sangat membantu proses belajar di Pondok Pesantren,

karena kedisiplinan bisa masuk kesemua hal.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis punismnet dan reward dalam

meningkatkan kedisiplinan, khususnya dalam lingkungan pendidik seperti pondok

pesantren. Pendekatan behavioristik dari B.F. Skinner digunakan sebagai teori

utama, dimana punishment bertujuan untuk mengurangi perilaku negatif, sementara

reward diberikan untuk memperkuat perilaku posotif. Implementasi punishment

mencakup teguran lisan, hukuman fisik ringan dan berat dan pemberian edukatif,

sedangkan reward diberikan dalam bentuk pujian dan penghargaan material.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, di mana data

yang diperoleh melalui wawancara dan observasi, subjek penelitian meliputi

pengasuh pondok, lurah putra dan putri, pengurus keamanan, dan santri putra.

Hasil penelitian ini menujukan bahwa implementasi punishment dan

Reward dilakukan secara seimbang dan dan terstruktur. Punishmen yang diterapkan

mencakup teguran lisan, pekerjaan sosial( seperti membersihkan lingkungan ) dan

dan hukuman berupa syari’at islam. Hokum ini dirancang agar bersifat edukatif dan

tidak merugikan secara fisik atau mental. Sementara itu, Reward diberikan dalam

bentuk pujian dan penghargaan yang efektif dalam meningkatkan notivasi santri

agar berperilaku baik dan tidak melanggar aturan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi punishment dan

Reward secara baik membantu meningkatkan kedisiplinan santri. Selain itu peran

pengasuh dan pengurus dalam pelaksanaan metode ini menjadi faktor penting

dalam keberhasilanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2024 01:36
Last Modified: 27 Dec 2024 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item