Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ambulu Di Masa Pandemi Covid-19.

Sholehah, Ima Imroatus (2022) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ambulu Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180150_IMA IMROATUS S_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mayoritas berpenduduk muslim, yang
semestinya bisa menjadi potensi yang sangat besar untuk pemasaram produk
perbankan syariah. Namun perkembangan bank syariah di Indonesia masih jauh
tertinggal dengan perkembangan bank konvensional. Dengan meningkatnya
kebutuhan dan keinginan masyarakat serta sumber daya yang tersedia, pemasaran
harus mengelola segala sesuatunya seefektif mungkin dan se-efesien mungkin.
Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
strategi pemasaran produk tabungan haji Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu,
dan dampak strategi pemasaran produk tabungan haji terhadap peningkatan jumlah
nasabah. Penelitian ini merupakan pengumpulan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
melalui wawancara da dokumentasi dengan analisis data deskriptif yang
menganalisa data berupa fakta yang bersifat umum.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan
oleh Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu pada produk Tabungan Haji adalah
segmentasi pasar berdasarkan segmentasi geografis dan demografis, penetapan
target pasar ialah semua masyarakat yang memiliki keinginan untuk menunaikan
ibadah haji, penetapan posisi pasar yaitu menggunakan tiga elemen positioning
yaitu target market, poin diferensiasi program literasi, edukasi, dan inklusi
keuangan, serta keunggulan kompetitif. Dampak strategi pemasaran produk
Tabungan Haji di masa pandemi covid-19 yaitu bertambahnya jumlah nasabah pada
BSI KCP Ambulu, kehadiran media sosial dapat mempermudah marketing tanpa
harus terjun lapangan, mempermudah masyarakat maupun calon nasabah baru
untuk mendapatkan informasi mengenai produk tabungan haji yang ada di BSI KCP
Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with username fransiska
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:44
Last Modified: 16 Dec 2024 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31819

Actions (login required)

View Item View Item