Nafi'ah, Miftakhul Ngulumun (2024) ...SCAN FULL LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DISERTAI TTD, UPLOAD ULANG)...Komunikasi Intrapersonal Dalam Membentuk Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKN Di MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200066_MIFTAKHUL NGULUMUN NAFI'AH_ PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nafi’ah, Miftakhul Ngulumun. 2024. Komunikasi Intrapersonal dalam Membentuk Jiwa Nasionalisme Siswa Kelas IV pada Pembelajaran PKn di MIN 6 Ponorogo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Komunikasi Intrapersonal, Jiwa Nasionalisme, Siswa Kelas IV, Pembelajaran PKn
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri kita, termasuk berbicara dengan diri sendiri, mengamati dan mempersepsikan (intelektual dan emosional) tentang lingkungan kita. Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi dengan diri sendiri. Ini adalah dialog internal dan bahkan bisa terjadi saat Anda bersama orang lain. Misalnya, saat sedang bersama seseorang, yang terlintas di benak adalah komunikasi batin. Dalam komunikasi internal sering kali mempelajari peran persepsi dalam perilaku manusia. Dalam hal ini biasanya dilakukan lebih sering daripada dalam komunikasi lainnya. Secara khusus, komunikasi intrapersonal mencakup di mana kita dapat membayangkan, bermimpi, memahami dan memecahkan masalah dalam pikiran kita.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) komunikasi intrapersonal dalam membentuk jiwa nasionalisme siswa kelas IV pada pembelajaran PKn; (2) faktor yang mempengaruhi komunikasi intrapersonal dalam membentuk jiwa nasionalisme siswa kelas IV pada pembelajaran PKn; (3) manfaat komunikasi intrapersonal dalam membentuk jiwa nasionalisme siswa kelas IV pada pembelajaran PKn.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipasipan penelitian berasal dari guru PKn dan siswa kelas IV di MIN 6 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dan diolah menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas data dilakukan melalui pengecekan prosedur triangulasi sumber data dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, hal ini menunjukkan bahwa kita sebagai guru harus memberikan contoh secara langsung pada anak bagaimana sikap yang mencerminkan nasionalisme seperti disiplin, dapat menyanyikan lagu indonesia raya dengan baik, mengikuti upacara hari senin serta dapat mengamalkan Pancasila, siswa juga dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, menghargai guru, dapat mengenal lagu-lagu daerah, menghargai orang lain yang berbeda kepercayaan atau kebudayaan dengan dirinya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam komunikasi intrapersonal cenderung memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan, serta menunjukkan minat yang lebih besar untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang memperkuat jiwa nasionalisme.
ABSTRACT
Nafi’ah, Miftakhul Ngulumun. 2024. Intrapersonal Communication in Forming the Spirit of Nationalism of Grade IV Students in Civics Learning at MIN 6 Ponorogo Thesis. Department of Elementary Madrasah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Institute of Ponorogo. Advisor, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Keywords: Intrapersonal Communication, Spirit of Nationalism, Grade IV Students, Civics Learning
Intrapersonal communication is communication that occurs within ourselves, including talking to ourselves, observing and perceiving (intellectually and emotionally) about our environment. Intrapersonal communication is communication that occurs with ourselves. This is an internal dialogue and can even occur when you are with other people. For example, when you are with someone, what comes to mind is inner communication. In internal communication, we often study the role of perception in human behavior. In this case, it is usually done more often than in other communications. Specifically, intrapersonal communication includes where we can imagine, dream, understand and solve problems in our minds.
This study aims to analyze (1) intrapersonal communication in shaping the nationalism of fourth grade students in PKn learning; (2) factors that influence intrapersonal communication in shaping the nationalism of fourth grade students in PKN learning; (3) the benefits of intrapersonal communication in shaping the nationalism of fourth grade students in PKn learning.
This study was designed using a qualitative research method with the type of research being a case study. Data collection through interviews, observations and documentation. Research participation came from PKn teachers and fourth grade students at MIN 6 Ponorogo. The research data were then analyzed and processed using data reduction, data presentation and conclusion drawing processes. Data credibility was carried out through checking the triangulation procedure of data sources and techniques.
Based on the research results, this shows that we as teachers must provide direct examples to children of attitudes that reflect nationalism such as discipline, being able to sing the Indonesian Raya song well, participating in Monday ceremonies and being able to practice Pancasila, students can also use Indonesian properly. good, respect teachers, can recognize regional songs, respect other people who have different beliefs or cultures from themselves. This shows that students who are active in intrapersonal communication tend to have a higher awareness of the importance of national values, and show greater interest in participating in activities that strengthen the spirit of nationalism.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Evi Muafiah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:30 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31789 |
Actions (login required)
View Item |