Pembelajaran Inkuiri Berbasis Sciece Environment Technology and Society (SETS) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo

Fauziyah, Nova Auliyatul (2021) Pembelajaran Inkuiri Berbasis Sciece Environment Technology and Society (SETS) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
bismillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam
rangka meningkatkan keterampilan proses sains peserta
didik. Diantaranya pemberian model yang bevariasi di setiap
sekolah dan pembuatan alat peraga dalam proses
pembelajaran belangsung. Namun, demikian upaya ini
tampaknya belum membuahkan hasil yang memuaskan. Hal
ini terlihat dari hasil penelitian pada magang 1 (praktik
observasi lapangan) di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo bahwa
dalam pembelajaran IPA khususnya pada keterampilan
proses sains peserta didik kelas VIII masih belum sesuai
dari KKM yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui
perbedaan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII
pada mata pelajaran IPA yang meggunakan model
pembelajaran Inkuiri berbasis SETS (Science Environment
Technology and Society) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP
Negeri 2 Jetis, (2) Mengetahui respon peserta didik kelas
VIII pada saat diterapkannya metode Inkuiri berbasis SETS
( Scince Enviroment Technology and Society).
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini
dirancang dengan rancangan penelitian kuantitatif deskriftif
serta dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo, ada 40
pendidik yang mengajar dan ada 1 pendidik yang mengajar
IPA dijadikan sampel penelitian. Sampel ini diambil dari
dua kelas VIII yakni kelas VIII A yang berjumlah 19 peserta
didik dan kelas VIII B berjumlah 21 peserta didik. penelitian
ini menggunakan lembar tes dan lembar kuisioner sebagai
instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1)
terdapat nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta
didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, perbedaannya
ialah 83,16 untuk kelas eksperimen dan 72,62 untuk kelas
kontrol. (2) dalam hasil respon peserta didik mendapatkan
kategori respon yang sangat baik yakni 29,90. Hal ini
terbukti dengan hasil wawancara salah satu peserta didik
yang mengatakan bahwa peserta didik merasa senang saat
proses belajar mengajar berlangsung dan peserta didik lebih
mudah dalam memahami mata pelajaran terkhususnya mata
pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:40
Last Modified: 12 Dec 2024 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item View Item