Strategi Penanaman Nilai- nilai Karakter Religius pada Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo)

Kasanah, Asta Asmaul (2021) Strategi Penanaman Nilai- nilai Karakter Religius pada Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Asta Asmaul K-210317354-thesis perpustakaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangkan zaman, pondok
pesantren dihadapkan pada beberapa fenomena sosial, dalam
rangka berusaha menjawab tantangan zaman dan mengejar
ketertinggalan. pondok pesantren hadir sebagai lembaga
pendidikan Islam tertua di Indonesia mempunyai potensi
besar untuk mengembangkan diri lebih aktif dan mempunyai
peran besar dalam mengembangkan ajaran dan nilai-nilai
Islam di Indonesia. Fungsi pendidikan pondok pesantren
dapat dikatakan sebagai alat pengendali sosial bagi
masyarakat. Pondok pesantren sebagai sub-sistem.
Pendidikan Nasional asli Indonesia, bahkan dipandang oleh
banyak kalangan mempunyai keunggulan dan karakteristik
khusus dalam mengaplikasikan pendidikan karakter.
Pendidikan karakter bukanlah sebuh pendidikan yang hanya
sekedar menstransfer pengetahuan tentang suatu yang salah
atau benar. Tetapi juga harus mentransfer nilai dan
menjadikan itu sebagai kebiasaan yang dilakukan secara
berkesinambungan.
Pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah
untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana
masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan
bergotong-royong. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan penyelenggaraan lembaga pendidikan
sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomer 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
memberikan posisi dan peran serta masyarakat secara penuh
dalam menyelenggarakan pendidikan dengan kebebasan
mengembangkan ciri khas suatu pendidikannya. Dalam
praktiknya, banyak lembaga kemasyarakatan yang terlibat
dan mengambil peran dalam penyelenggarakan pendidikan di
Indonesia. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangkanya potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara
yang demokratis serta bertanggung jawab.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan pendekatan Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah studi kasus dimana dimana yang
digali adalah suatu fenomena kualitatif, yaitu prosedur
penelitian yang menciptakan informasi deskriptif kualitatif
berbentuk praktek tertulis ataupun lisan dari orang-orang
serta sikap yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah studi kasus dimana dimana yang
digali adalah suatu fenomena yang terjadi dan aktivitas (bisa
berupa program, kejadian, proses, institusi, atau kelompok
sosial), serta pengumpulan detail informasi dengan
menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama
kasus itu terjadi. Prosedur pengumpulan data pada penelitian
ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk
analisis data menggunakan riagulasi adalah teknik
pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan suatu yang
lain. Strategi penanaman nilai karakter religius yang ada di
pondok pesantren An-Najiyah yang utama adalah adabiyah
sebagaimana menjunjung tinggi akhlak mulia yang
menjadikan atau pembentukan karakter menjadi lebih baik.
Penanaman nilai karakter religius yang sudah berlaku di
masyarakat dan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad
SAW berupa kedisiplinan santri, kejujuran, sopan santun
terhadap semua kalangan di pondok pesantren An-Najiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 04:15
Last Modified: 12 Dec 2024 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31749

Actions (login required)

View Item View Item