Efektivitas Model Pembelajaran Service Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Lingkungan Peserta Didik di SMPN 1 Sambit Ponorogo

Dani, Defi Yusfika (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Service Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Lingkungan Peserta Didik di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DEFI YUSFIKA DANI_207180017_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepedulian lingkungan sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena baik buruknya
lingkungan bergantung pada sikap dan kepedulian seseorang terhadap lingkungan. Kepedulian
lingkungan dapat ditanamkan melalui pendidikan dengan diintegrasikan ke dalam pembelajaran
IPA. Namun pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang memiliki kepedulian lingkungan
yang tergolong rendah, salah satunya di SMPN 1 Sambit. Hal ini disebabkan karena model
pembelajaran yang digunakan masih berupa teori-teori saja tanpa dikaitkan dengan kehidupan
nyata sehingga kepedulian lingkungan peserta didik kurang terlatih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model
service learning berbantuan media flash card di SMPN 1 Sambit, mengetahui aktivitas peserta
didik saat mengikuti pembelajaran dengan model service learning berbantuan media flash card,
dan mengetahui efektivitas model service learning berbantuan media flash card terhadap
kepedulian lingkungan peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif mengacu pada Pre Test Post Test
Control Group Design dengan sampel kelas VII A dan VII C. Instrumen pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui
keterlaksanaan dan aktivitas peserta didik, dan soal tes digunakan untuk mengetahui efektivitas
model pembelajaran terhadap kepedulian lingkungan yang sebelumnya telah dilakukan uji
validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menjawab
rumusan masalah keterlaksanaan pembelajaran dan aktifitas peserta didik serta statistik inferensial
untuk menjawab rumusan masalah efektifitas model pembelajaran yang meliputi uji normalitas,
uji homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan rata-rata
persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik yang didasarkan pada sintaks model
pembelajaran service learning yaitu preparation, action, reflection dan demonstrasion. Aktivitas
peserta didik sebesar 87% dengan kategori sangat baik didasarkan pada sintaks model
pembelajaran service learning yaitu preparation, action, reflection dan demonstrasion. Model
pembelajaran service learning berbantuan media flash card efektif untuk meningkatkan
kepedulian lingkungan peserta didik berdasarkan hasil uji-t two tailed dan uji-t one tailed dengan
P-Value sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:08
Last Modified: 12 Dec 2024 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31737

Actions (login required)

View Item View Item