Efektivitas Media Presentasi Lectora Inspire terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMPN 6 Ponorogo

Cahyani, Regita (2024) Efektivitas Media Presentasi Lectora Inspire terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMPN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200084_REGITA CAHYANI_TADRIS IPS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang mempengaruhi kualitas dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus bisa memahami tentang teknik memilih, menggunakan, dan mengembangkan media pembelajaran agar guru dapat mempersiapkan serta melaksanakan pembelajaran dengan baik dan menyenangkan. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga proses pembelajaran yang dilakukan berjalan dengan optimal. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk pembelajaran di kelas adalah media pembelajaran lectora inspire.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meggunakan media presentasi lectora inspire; (2) mengetahui bagaimana keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang tanpa mendapatkan media lectora inspire; (3) untuk membuktikan efektivitas media presentasi lectora inspire terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 6 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk desain one pretest-posttest control group design, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Analisis data menggunakan analistik deskriptif dan uji T.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media presentasi lectora inspire pada pembelajaran IPS di kelas VII SMPN 6 Ponorogo dapat diperoleh hasil perhitungan dengan kategori baik dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Selain itu terdapat perbedaan antara keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen yang menggunakan media presentasi lectora inspire dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media presentasi lectora inspire. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik kelas VII yang menggunakan media presentasi lectora inspire lebih baik daripada keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik yang tanpa menggunakan media presentasi lectora inspire. Nilai rata -rata yang diperoleh kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran lectora inspire adalah 79,66.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:45
Last Modified: 12 Dec 2024 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31736

Actions (login required)

View Item View Item