Munadifah, Ribkhiani (2024) Implementasi Strategi Murãqabah Dalam Upaya Peningkatan Taẖsînul Qur’an Menggunakan Kitab Tashil Santri Putri PPTQ Al-Hasan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E-thesis Ribkhiani Munadifah 301200010.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an dapat dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama mencakup membaca Al-Qur'an dengan benar dan sesuai dengan aturan tajwid. Tahap berikutnya mencakup memahami arti dan maksud Al-Qur'an hingga dapat memahami maknanya. Di Pondok Pesantren Tafidzhul Quran Al-Hasan merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pembelajaran Al-Qur’an. Strategi murãqabah adalah sebuah pendekatan yang digunakan dalam perbaikan Taẖsîn Al-Qur’an di PPTQ Al-hasan, terutama dalam bidang pendidikan dan pengembangan diri. Strategi murãqabah dapat digunakan dalam bidang pengembangan taẖsîn secara individu untuk menilai kemajuan seseorang dalam mencapai tujuan mereka dalam hal pelafalan, kelancaran, atau perbaikan lainnya dalam belajar Al-Qur’an.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi murãqabah dalam memperbaiki bacaan santri putri di PPTQ Al-Hasan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi murãqabah dalam meningkatkan kemampuan bacaan santri putri di PPTQ Al-Hasan Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya peneliti mendeskripsikan fenomena, objek, atau lingkungan sosial dalam tulisan narati, secara deskriptif dengan bertujuan untuk mengamati masalah secara sistematif dan akurat tentang fakta-fakta atau sifat objek tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan dari berbagai sumber, yaitu wawancara, pengamatan, dokumen-dokumen dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menemukan: (1) Dengan adanya implementasi pada strategi murãqabah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo, menggunakan teknis pengulangan ayat, merupakan penerapan kitab tashil dan memberikan peningkatan taẖsîn santri putri, mulai dari teknis pelaksanaan, pengaruh dari pembimbing hingga beberapa hukuman yang bisa mendisiplinkan santri, semua itu mempunyai manfaat dalam peningkatan taẖsîn mulai dari memacu semangat, kelancaran membaca, ketelitian dalam membaca, mempermudah untuk menambah ataupun muroja’ah hafalan, membantu kelancara untuk sorogan individu dan yang terakhir secara tidak langsung praktik tajwid. (2) faktor penghambat dan pendukung pada kegiatan ini sama-sama beragam, mulai dari faktor penghambat yang bersal dari kesadaran individu, waktu yang kurang strategis, penghambat dari pemimpin atau pembimbing, hingga adanya komunikasi yang kurang. Dari faktor pendukung berasal dari berbagai titik mulai dari diri sendiri, peraturan yang membantu berjalanya kegiatan, hingga kekompakan antar santri yang menambah khidmadnya kagiatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Kalsum |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:40 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31629 |
Actions (login required)
View Item |