Salam, Ari Nur (2024) Komunikasi Guru Dalam Pembentukan Nilai Religius Murid di SDN Lebak Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Etheses Upload Skripsi Ari Nur Salam 30220085.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salam. Ari Nur 2024. Komunikasi Guru Dalam Pembentukan Nilai Religius Murid di SDN Lebak Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M. Ag.
Kata Kunci: Komunikasi Guru, Nilai Religius Murid
Di SDN Lebak memiliki cara tersendiri dalam melestarikan tradisi-tradisi keagamaan (nilai-nilai religius) yang telah membuahkan hasil yang positif. Seperti pembiasaan berdoa sebelum dan selesai belajar, membaca Asmaulhusna, Shalat duha dan Shalat Dzuhur berjama’ah, berjabat tangan setiap bertemu dengan guru, dan kegiatan BTQ (Baca Tulis Qur’an) serta kegiatan peringatan hari besar Islam lainnya. hal tersebut menjadi alasan peneliti tertarik untuk meneliti tentang komunikasi guru dalam pembentukan nilai religius murid di SDN Lebak Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Karena guru Pendidikan Agama Islam dan guru karakter di sekolah ini memiliki cara tersendiri dalam pendekatan emosional pada murid yang berbeda, serta cara sendiri dalam pembentukan karakter religius murid.
Rumusan masalah yang diambil adalah bagaimana teknik komunikasi yang di gunakan, dan apa saja jenis komunikasi yang digunakan, serta bagaimana dampak komunikasi guru terhadap pembentukan nilai religius murid. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengidentifikasi teknik komunikasi yang digunakan guru, mendeskripsikan jenis komunikasi, serta untuk menjelaskan dampak komunikasi yang digunakan guru dalam pembentukan nilai religius murid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif untuk menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana komunikasi guru di SDN Lebak dalam pembentukan nilai religius murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Teknik komunikasi yang digunakan guru dalam pembentukan nilai religius pada murid berupa teknik komunikasi informatif, kemudian teknik komunikasi persuasif, selanjutnya ada teknik komunikasi pervasif, selanjutnya ada teknik komunikasi instruktif/koersif, danyang terakhir teknik komunikasi hubungan manusiawi. Kedua, Jenis komunikasi yang digunakan Guru dalam pembentukan nilai religius pada murid berupa jenis komunikasi antar pribadi yang meliputi komunikasi diadik dan komunikasi triadik, selanjutnya jenis komunikasi publik, dan juga jenis komunikasi masa. Ketiga, Dampak komunikasi Guru terhadap pembentukan nilai religius pada Murid, di SDN Lebak Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun berupa dampak Personal, seperti dalam beribadah, kedisiplinan, dan kejujuran. Kemudian dampak sosial berupa pembentukan individu yang beriman, dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Iswahyudi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 06:05 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 06:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31607 |
Actions (login required)
View Item |