Pemanfaatan Instagram @dolan.ngebel Sebagai Media Promosi Pariwisata Telaga Ngebel Ponorogo

Munggin, Fathul (2024) Pemanfaatan Instagram @dolan.ngebel Sebagai Media Promosi Pariwisata Telaga Ngebel Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302200107_Fathul Munggin_Komunikasi dan Penyiaran Islam .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Munggin, Fathul. 2024. Pemanfaatan Instagram @Dolan.Ngebel Sebagai Media Promosi Pariwisata Telaga Ngebel Ponorogo. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Andhita Risko Faristiana, M.A.
Kata Kunci: Instagram, Pariwisata, Promosi
Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang efektif untuk promosi pariwisata karena kekuatannya dalam menyampaikan informasi visual yang menarik. Akun Instagram @dolan.ngebel memanfaatkan potensi ini untuk memperkenalkan destinasi wisata Telaga Ngebel di Ponorogo, Jawa Timur. Akun ini menampilkan berbagai unggahan yang menggambarkan keindahan alam, aktivitas rekreasi, dan fasilitas di sekitar Telaga Ngebel, dengan tujuan untuk meningkatkan minat wisatawan lokal maupun mancanegara.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh akun @dolan.ngebel dalam meningkatkan daya tarik Telaga Ngebel serta efektivitasnya dalam mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Metode yang digunakan adalah analisis konten unggahan akun Instagram dan wawancara dengan pengelola akun. Analisis ini berfokus pada aspek visual, penggunaan caption informatif, serta pemanfaatan fitur-fitur Instagram seperti stories, reels, dan hashtag untuk memperluas jangkauan konten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram telah dimanfaatkan sebagai sarana promosi pariwisata Telaga Ngebel Ponorogo melalui berbagai bentuk dan juga Instagram sangat efektif dalam meningkatkan citra Telaga Ngebel sebagai destinasi wisata yang menarik. Foto-foto berkualitas tinggi, cerita singkat yang disertakan dalam caption, dan interaksi aktif dengan followers dapat mempengaruhi minat calon wisatawan. Namun, kendala seperti keterbatasan konten, sumber daya, dan koneksi internet, rendahnya interaksi dengan pengikut, kurangnya penggunaan hashtag relevan, dan pemahaman terbatas tentang fitur Instagram kerap dihadapi. Solusi yang diusulkan mencakup perencanaan konten yang matang, pelatihan keterampilan kreatif, kolaborasi dengan profesional, pemanfaatan teknologi pendukung, serta diversifikasi konten untuk meningkatkan engagement. Dengan strategi ini, Instagram dapat dioptimalkan untuk meningkatkan daya tarik Telaga Ngebel sebagai destinasi wisata unggulan. Selain itu, penggunaan hashtag yang relevan dan konten video pendek dalam reels berkontribusi dalam memperluas audiens dan meningkatkan popularitas Telaga Ngebel. Dengan demikian, akun @dolan.ngebel terbukti menjadi sarana promosi yang efisien dalam mendukung perkembangan pariwisata lokal di Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2024 03:19
Last Modified: 10 Dec 2024 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31589

Actions (login required)

View Item View Item