Manajemen Produksi Program "Rasa Warga" Di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Madiun Sebagai Media Branding UMKM Kota Madiun

Julaikah, Siti (2024) Manajemen Produksi Program "Rasa Warga" Di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Madiun Sebagai Media Branding UMKM Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Siti Julaikah_302200156_ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendengar radio di Indonesia mengalami penurunan, terutama di berbagai kalangan. LPPL Radio Suara Madiun memiliki program unik dalam menarik pendengar dengan melibatkan warga lokal dengan menggabungkan adanya siaran langsung melalui radio dan platform lain seperti YouTube dan Instagram. Program tersebut dikenal dengan “Rasa Warga” atau Radio Suara Madiun Menyapa Warga. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis fungsi manajemen produksi program “Rasa Warga” serta menganalisis pelaksanaan program “Rasa Warga” sebagai media branding UMKM Kota Madiun di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Madiun.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan berbentuk deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan teori milik George R.Terry yang memiliki 4 langkah didalamnya yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Hasil penelitian ini yaitu manajemen produksi program “Rasa Warga” di LPPL Radio Suara Madiun sesuai dengan teori George R.Terry berupa perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating), dan pengawasan (Controlling). Namun kerap kali jadwal siaran langsung tidak sesuai dengan perencanaan dan pelaksanaan yang ada. Selain itu, perubahan juga terjadi dalam jumlah tim yang berada dilapangan. Hasil penelitian lainnya yaitu program “Rasa Warga” membantu masyarakat Kota Madiun dalam hal branding khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini dapat dikategorikan kedalam merek perusahaan (Corporate Brands) dan merek media (Media Brands).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:10
Last Modified: 10 Dec 2024 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31565

Actions (login required)

View Item View Item