Setyabudi, Dishera Daluniaksa (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, (LETAK: DI BAWAH LEMBAR PENGESAHAN) UPLOAD ULANG).. Pelestarian Warisan Budaya Melalui Ekstrakulikuler Pencak Silat Seni Dan Relevansinya Dengan Materi IPS Di MtsN 1 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI DISHERA ETESIS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Setyabudi, Dishera Daluniaksa, 2024. Pelestarian Warisan Budaya Melalui Ekstrakulikuler Pencak Silat Seni dan Relevansinya dengan Materi IPS di MTsN 1 Madiun. Skripsi. Jurusan Tadris Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pembimbing, Khoirun Nikmah S.Pd M.Hum.
Kata Kunci : Pelestarian Warisan Budaya, Ekstrakulikuler Pencak Silat, Materi IPS
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa siswi banyak yang berminat dengan ekstrakulikuler pencak silat ini dibandingkan dengan ekstrakulikuler yang lain karena sdengan mengikuti ekstrakulikuler pencak silat ini dapat menjadi salah satu wadah untuk melestarikan budaya asli Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Upaya melestarikan warisan budaya melalui ekstrakulikuler pencak silat di MTsN 1 Madiun (2) Peran guru IPS dalam mengintergrasikan unsur unsur budaya pencak silat dalam pembelajaran IPS di MTsN 1 Madiun (3) Partisipasi siswa dalam kegiatan pencak silat dan relevansinya terhadap materi pendidikan IPS pada siswa MTsN 1 Madiun.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian sebagai berikut: (1) Ekstrakulikuler pencak silat membawa dampak positif mengenalkan kepada siswa pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya tradisional (2) Ada kesulitan yang dihadapi dalam mengintegrasikan unsur budaya pencak silat, namun tidak masalah untuk lebih mengembangkan pencak silat . Solusi untuk masalah ini mengintegrasikan pencak silat dalam konteks yang relevan dengan materi IPS, misalnya dalam pembahasan sejarah dan kebudayaan. (3) Partisipasi dalam kegiatan pencak silat di MTsN 1 Madiun memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan fisik, mental, dan sosial siswa. Selain itu, relevansi kegiatan pencak silat dengan materi Pendidikan IPS membantu siswa dalam memahami dan menginternalisasi nilai- nilai sosial dan budaya yang diajarkan di kelas. Oleh karena itu, integrasi antara kegiatan ekstrakurikuler seperti pencak silat dan kurikulum akademik dapat menjadi strategi yang efektif dalam mendukung pendidikan holistik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nikmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 01:47 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 01:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31543 |
Actions (login required)
View Item |