Analisis Fikih Difabel Terhadap Perlindungan Hak Anak Penyandang Disabilitas (Studi Kasus di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo)

Fahrudin, Fuad Ahmad (2024) Analisis Fikih Difabel Terhadap Perlindungan Hak Anak Penyandang Disabilitas (Studi Kasus di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi fuad refisi munaqosah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyandang disabilitas ialah individu yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik yang menghambat aktivitas mereka sehari-hari. Anak penyandang disabilitas membutuhkan perhatian lebih dari anak-anak pada umumnya, khususnya dalam pemenuhan hak sosial dan pendidikan tanpa adanya diskriminasi. Agar terjaminnya hak dan perlindungan tersebut maka dibutuhkan lembaga untuk menaungi mereka. Suatu lembaga di Ponorogo yang menaungi penyandang disabilitas yaitu Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo. Tetapi masih banyak anak penyandang disabilitas yang mendapatkan diskriminasi dari luar lembaga baik dalam pemenuhan hak pendidikan maupun sosial. Sehingga dibutuhkan lembaga yang mengaplikasikan fikih difabel dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis fikih difabel terhadap perlindungan hak pendidikan anak penyandang disabilitas di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo? dan Bagaimana analisis fikih difabel terhadap perlindungan hak sosial anak penyandang disbailitas di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara sedangkan data sekunder dalam penelitian ini ialah buku-buku dan literature yang berhubungan dengan kajian penlitian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) hak pendidikan yang di dapatkan anak asuh di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo ialah pendidikan formal, agama, karakter dan keterampilan jika ditinjau dari fikih difabel terhadap pemenuhan hak pendidikan bagi anak asuh di Panti ini sudah tergolong sangat baik dengan alasan tidak membedakan pendidikan antara anak normal dengan anak difabel, oleh karena itu Panti asuhan telah memenuhi Al-Qiyam Al-Asāsiyyah ( tauhid, keadilan dan kemaslahatan), Al-Uşūl al-kulliyah (inklusivisme dan pemajuan hidup berbasis ilmu), dan Al-Ahkam Al-Far’iyyah ( hak hidup bermartabat dan pengembangan ilmu ).(2) hak sosial yang diberikan Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo ialah hak atas pendidikan, hak mendapatkan perlindungan dari diskriminasi, kebebasan untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial, hak mendapat layanan kesehatan, hak aksebilitas, dan hak memperoleh pekerjaan jika ditinjau dari fikih difabel terhadap pemenuhan hak sosial bagi difabel di panti ini tergolong baik karena telah memberikan pelayanan dan perlindungan yang semestinya bagi penyandang disabilits tanpa adanya diskriminasi, oleh karena itu panti telah memenuhi Al-Qiyam Al-Asāsiyyah(keadilan dan kemaslahatan ), Al-Uşūl al-kulliyah ( kemuliaan manusia dan inklusivisme ), dan Al-Ahkam Al-Far’iyyah ( hak hidup bermatabat).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FUADY ABDULLAH
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2024 01:41
Last Modified: 10 Dec 2024 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31535

Actions (login required)

View Item View Item