Pratiwi, Alga Dwi (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. METODE TURJUMAN AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA-SISWI DI MADRASAH DINIYAH AL-IHSAN JIMBE. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
301190004_ALGA DWI PRATIWI_ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alga Dwi Pratiwi 2024: Metode Turjuman Al-Qur’an sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa-siswi di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Jimbe.
Kata Kunci/Keyword : Metode, Turjuman, Kualitas Hafalan
Al-Qur’an adalah pedoman umat Islam yang berisi petunjuk-petunjuk kehidupan manusia sampai akhir hayat. Al-Qur’an harus senantiasa dijaga keasliannya, salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menghafalkan ayat-ayatnya. Terdapat bermacam-macam metode yang dapat memudahkan seseorang untuk menghafal dan menjaga kualitas bacaannya, salah satunya adalah dengan cara memahami terlebih dahulu makna dari ayat yang dihafalkan. Pada metode ummi, terdapat sebuah program lanjutan pasca tartil yang berfokus pada menghafal Al-Qur’an dengan memahami maknanya, yaitu metode turjuman Al-Qur’an. Metode ini mengajarkan siswa untuk menghafal terjemah perkata, terjemah perkalimat, serta memahaman ayat. Objek penelitian ini adalah Madrasah Diniyah Al-Ihsan Jimbe, karena madrasah tersebut memiliki keunggulan tersendiri di Ummi Foundation, yaitu telah melakukan 2 kali Munaqosyah dan Khotaman di bidang metode turjuman Al-Qur’an.
Fokus penelitian dan skripsi ini adalah pemaparan tentang praktik penerapan metode turjuman Al- Qur’an di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Jimbe, serta penjelasan tentang metode turjuman Al-Qur’an bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa-siswi di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Jimbe.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator Al-Qur’an, guru Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-Ihsan jimbe, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawaancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trigulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode turjuman Al-Qur’an sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Jimbe. Karena, jika komponen utama menghafal adalah muroja’ah dan ziyadah, dalam metode turjuman Al-Qur’an sangat mendukung hal tersebut. Berbekal pemahaman dan hafalan terjemah kata Al-Qur’an, siswa menjadi mudah menghafal dan muroja’ah. Hal ini disebabkan karena pemahaman dan hafalan kosa-kata menjadikan siswa mudah mengingat ayat yang akan dihafal dan muroja’ah. Di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Jimbe, praktik penerapannya meliputi, pembagian kelompok, alokasi waktu, materi turjuman, evaluasi pembelajaran, serta yang terakhir adalah mengenai kendala dan motivasi di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Kalsum |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 05:31 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 05:31 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31475 |
Actions (login required)
View Item |