Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Kemudahan Fitur E- Commerce Bank Syariah Indonesia Mobile Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo)

Sa’diyah, Nabila (2022) Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Kemudahan Fitur E- Commerce Bank Syariah Indonesia Mobile Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180175_Nabila Sa'diyah_Perbankan Syariah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kebiasaaan yang muncul saat pandemi mengakibatkan penerapan
berkelanjutan bagi nasabah untuk mengambil keputusan dalam pembelian barang,
dengan memanfaatkan layanan online (e-commerce) yang diberikan oleh bank
dapat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi dan memenuhi kebutuhan
kesehariannya. Emosi erat dikaitkan dengan keputusan konsumen yang irasional
dalam memilih produk yang ditawarkan tanpa mempertimbangkan, sehingga
mengarah pada perilaku yang cenderung konsumtif. Emosi yang bersifat cepat,
menyebabkan keputusan cenderung di ambil dengan cara tergesa-gesa.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh
perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian, (2) kemudahan fitur e-
commerce BSI mobile terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh perilaku
konsumtif dan kemudahan fitur e-commerce BSI mobile terhadap keputusan
pembelian.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Dengan sampel yang
digunakan berjumlah 96 mahasiswa. Penelitian ini akan menggunakan teknik
nonprobability sampling dengan pengambilan sampel dilakukan menggunakan
teknik insidental sampling yaitu dengan pertimbangan kriteria mahasiswa yang
merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia dan juga pengguna BSI Mobile. jenis
data yang digunakan data primer, yang pengumpulan datanya menggunakan
kuesioner. Pengujian data yang dibantu dengan software SPSS versi 26. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu dengan uji instrumen penelitian, deskriptif, uji
asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan
bahwa: (1) perilaku konsumtif berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. (2) kemudahan fitur e-commerce BSI mobile berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) pengaruh perilaku
konsumtif dan kemudahan fitur e-commerce BSI mobile secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:27
Last Modified: 09 Dec 2024 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item View Item