..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Komunikasi Pengasuh Terhadap Santri Penghafal Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo

Zalianty, Silvina (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Komunikasi Pengasuh Terhadap Santri Penghafal Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ethesis KOMUNIKASI PENGASUH PADA SANTRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peranan seorang pengasuh di pondok pesantren pada dasarnya mampu menjadi motivator dan juga menjadi contoh teladan bagi para santri. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang harus dimiliki seorang pengasuh dan memperhatikan seperti apa komunikasi yang digunakan sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima oleh santri. Adanya pendekatan komunikasi oleh pengasuh berpengaruh penting dalam program menghafal Al-Qur’an Santri terutama dalam meningkatkan kedisiplinan. Jika pesan yang diberikan dapat diterima oleh santri dengan sesuai harapan hal tersebut dapat memengaruhi mereka agar termotivasi dan meningkatkan kedisiplinan hafalan Al-Qur’an, sehingga sebuah komunikasi akan dikatakan berhasil dan juga berjalan dengan sesuai harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pengasuh terhadap santri penghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo, dan hasil komunikasi pengasuh terhadap santri penghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil data dari lapangan atau mengikuti, menyaksikan aktifitas komunikasi yang dilakukan pengasuh Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Melalui teknik tersebut peneliti menganalisis data-data yang diperlukan.
Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa implementasi komunikasi pengasuh pada santri penghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo menggunakan perspektif humanistik meliputi: keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap positif (positiveness), dan sikap mendukung (supportiveness). Hasil dari penerapan komunikasi yang dilakukan pengasuh terhadap santri penghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan kedisiplinan di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Ponorogo adalah dibuktikan dengan meningkatnya kedisiplinan santri penghafal Al-Qur’an dalam menaati peraturan, menjauhi larangan, berpartisipasi dalam kegiatan belajar, serta kepedulian terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2024 01:44
Last Modified: 09 Dec 2024 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31405

Actions (login required)

View Item View Item