Sari, Fiki Mabella Ingka (2022) Pengaruh Kualitas Informasi Website dan Ketanggapan Pelayanan M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180142_Fiki Mabella Ingka Sari_Perbankan Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fasilitas mobile banking disediakan oleh industri perbankan yang bertujuan
mencapai kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya kualitas informasi website dan ketanggapan pelayanan. Kualitas informasi
website yaitu nasabah akan merasa puas apabila mereka mendapatkan informasi website
sesuai yang diharapkan. Ketanggapan pelayanan yaitu nasabah akan puas apabila
mendapatkan pelayanan yang tanggap sesuai dengan yang diharapkan. Namun teori tersebut
bertentangan dengan kenyataan yang ada, di mana hasil wawancara dengan nasabah
mengatakan bahwa kualitas produk mobile banking masih kurang sesuai dengan
harapannya namun nasabah tetap merasa puas dan menggunakan kembali mobile banking.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah pengaruh kualitas informasi website
terhadap kepuasan nasabah, adakah pengaruh ketanggapan pelayanan terhadap kepuasan
nasabah, dan adakah pengaruh kualitas informasi website dan ketanggapan Pelayanan M-
Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah 7119 nasabah BSI KCP Ponorogo. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik sampling aksidental dengan 97 responden sebagai sampel
penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas informasi website berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BSI KCP Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan
hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas informasi website sebesar 0,002
< 0,05 (sig < α=5%). (2) Ketanggapan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah pada BSI KCP Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh
nilai sig untuk variabel ketanggapan pelayanan sebesar 0,006 < 0,05 (sig < α=5%). (3)
Kualitas informasi website dan ketanggapan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah pada BSI KCP Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F
yang memperoleh nilai sig sebesar 0,006 < 0,05 (sig < α=5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Aji Damanuri |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31343 |
Actions (login required)
View Item |