Yahya, Adila Kurnia (2022) Pengaruh Pengetahuan Pedagang Tentang Bagi Hasil dan Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180109_Adila Kurnia Yahya_perbankan Syariah (2).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Minat adalah suatu rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas
tanpa ada yang menyuruh. Pada dasarnya adalah penerimaan suatu hubungan antara
diri sendiri dengan sesuatu. Dalam proses minat menjadi nasabah dipengaruhi oleh
beberapa faktor, salah satunya pengetahuan. Pengetahuan merupakan sekumpulan
informasi yang dimiliki oleh seseorang. Pengetahuan pedagang akan sistem bagi
hasil pada bank syariah dan produk yang ada di bank syariah seharusnya bisa
menjadi sesuatu yang bisa menumbuhkan minat pedagang untuk menjadi nasabah
di bank syariah, karena jelas di bank syariah sistem bagi hasil dan produk bank
selalu berlandaskan syariat islam yang dibenarkan oleh agama.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan
pedagang mengenai bagi hasil dan produk bank syariah terhadap minat menjadi
nasabah di bank syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei yaitu penelitian yang
menggambarkan atau menguraikan suatu keadaan sejelas mungkin dengan cara
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data dengan metode simple
random sampling dan metode analisis regresi linier berganda dan regresi linier
sederhana. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.027 pedagang yang
ada di Pasar Dolopo yang beralamatkan di Jl. Raya Ponorogo-Madiun, Kec.
Dolopo, Kab. Madiun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan pedagang atas bagi
hasil berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah
yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,153 lebih besar dari ttabel 1,662. (2)
Pengetahuan pedagang atas produk bank berpengaruh secara signifikan terhadap
minat menjadi nasabah di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,260
lebih besar dari ttabel 1,662. (3) Pengetahuan pedagang atas bagi hasil dan produk
bank berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi nasabah di bank
syariah dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 14,558 lebih besar dari Ftabel 3,100.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ruliq Suryaningsih |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:27 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31333 |
Actions (login required)
View Item |