Efektivitas Metode Joyful Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di MTs MMA Gonggang

Sakdiyah, Binti Khalimatus (2024) Efektivitas Metode Joyful Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di MTs MMA Gonggang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200009_BINTI KHALIMATUS S_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khalimatus Sakdiyah, Binti, 2024. Efekktivitas Metode Joyful Learning untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MTs MMA Gonggang. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Nastiti Mufidah, M.Pd.

Kata Kunci: Joyful Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Metode joyful learning merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan, sistem pembelajaran yang berusa untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh kepada siswa. Fenomena ini dapat dilihat dari komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran masih tergolong kurang, guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menganggap IPS sebagai mata pelajaran yang sangat membosankan dan tidak menyenangkan bahkan juga diremehkan.
Penelitan ini bertujuan (1) Untuk mengetahui seberapa efektivitas metode pembelajaran joyful learning. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Joyfull Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs MMA Gonggang. (3) Untuk mengetahui hasil penerapan strategi Joyfull Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs MMA Gonggang. Instrument penelitian ini yaitu soal tes dan dokumentasi. Soal tes digunakann untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dokumentasi digunakan sebagai proses meninjau atau mengevaluasi, bukti bahwa peneliti telah melakukan penelitian di sekolah tersebut.
Dalam penelitian ini dirancang menggunakan metode deskriptif kuantitatif jenis penelitian one group pre-test post-test. Pengambilan data dilakukan melalui pre-test dan post-test dengan sampel 20 siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin Mu’alimat Al-Islamiyah Gonggang. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji paired sampel t-test dan N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII MTs MMA Gonggang dengan rata-rata post-test 84,25 dan nilai pre-test 53,75. Sedangkan hasil yang diperoleh dari hasil uji T dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran Joyful Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pre-test dan post test tidak sama. Artinya, dalam penerapan pembelajaran Joyful Learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:32
Last Modified: 06 Dec 2024 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31283

Actions (login required)

View Item View Item