paya Bank Muamalat Kcp Ponorogo Untuk Membangun Reputasi Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan iB Hijrah Haji

Saputri, Niki Ika (2022) paya Bank Muamalat Kcp Ponorogo Untuk Membangun Reputasi Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan iB Hijrah Haji. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180066_NIKI IKA SAPUTRI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Reputasi merupakan nama baik dari sebuah perusahaan, Diantara
keunggulan reputasi yang terdapat di suatu perusahaan tidak dapat dipungkiri
kenyataan bahwa reputasi juga memiliki kelemahan. Dalam kasusunya kelemahan
yang terjadi di dalam reputasi Bank Muamalat pernah mendapatkan komplain dari
nasabah atas pelayanan yang diberikan terhadap nasabah, karena komplain tersebut
tidak segera ditindaklanjuti oleh manajemen bank. Hal ini tentu saja merugikan bagi
pihak bank dan nasabah, nasabah yang mengalami masalah ini merasa kecewa dan
dirugikan sehingga mempengaruhi reputasi Bank Muamalat. Jika kualitas
pelayanan yang diberikan diperbaiki dan dipantau dengan baik maka nasabah
pengguna akan merasa puas dan memiliki rasa kepercayaan terhadap reputasi yang
baik di Bank Muamalat, karena apa yang diharapkan bisa didapatkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang
diterapkan oleh bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo, kendala yang
dihadapi serta dampak dari strategi yang telah diterapkan oleh Bank Muamalat
Kantor Cabang Pembantu Ponorogo.Jenis penelitian ini menggunakan cara
penelitian lapangan (field research), dimana pencarian data dan pengumpulan data
dilakukan secara langsung. Sedangkan sifat penelitian ini menggunakan
pendekatan deskripstif kualitatif , yang memusatkan pada pemecahan masalah.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara. Wawancara
dilakukan dengan pihak Bank Muamalat KCP Ponorogo. Sumber data dalam
penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Muamalat Kantor Cabang
Pembantu Ponorogo telah menerapkan strategi terhadap reputasi yang bertujuan
untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan iB Hijrah Haji. Strategi
tersebut antara lain membangun kepercayaan nasabah dan berusaha
meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbaik. Pihak bank dalam
melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan jumlah nasabah menerapkan
strategi 4P yaitu product, price, place dan promotion yang masing-masing dari
strategi tersebut diterapkan secara bersama-sama agar tercapianya suatu tujuan
dari bank yaitu meningkatnya jumlah nasabah. Dampak dari strategi yang
diterapkan bank muamalat yaitu jumlah nasabah produk tabungan iB Hijrah Haji
meningkat ini terjadinya karena adanya komunikasi publik yang baik, pelayanan
yang sesuai dengan kebutuhan nasabah serta reputasi perusahaan yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:32
Last Modified: 05 Dec 2024 07:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31236

Actions (login required)

View Item View Item