Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabunganku Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun

Ervina, Erista Lutfi (2022) Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabunganku Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180029_Erista Lutfi Ervina_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena suatu perkembangan lembaga
keuangan yang semakin pesat serta produk dan jasa yang bersaing dalam satu pasar
semakin beragam, oleh karena itu perusahaan tentunya memiliki strategi masing-
masing dalam menghadapi persaingan. Salah satu yaitu strategi segmentasi pasar
yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaranya. Bank
Muamalat KCP Madiun juga melakukan segmentasi dalam pemasaran produk
tabunganku, segmentasi yang dilakukan yaitu dengan menjalin kerja sama dengan
sekolah-sekolah dan selain itu produk ini bisa digunakan juga oleh semua
masyarakat umum dan semua kalangan tetapi belum menghasilkan dampak yang
signifikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi
segmentasi pasar pada produk tabunganku dalam meningkatkan jumlah nasabah di
Bank Muamalat KCP Madiun, apa saja faktor penghambat dan pendukung
segmentasi pasar pada produk tabunganku dalam meningkatkan jumlah nasabah,
serta dampak segmentasi pasar yang diterapkan pada produk tabunganku dalam
meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat KCP Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, pengecekan keabsahan data
menggunakan trigulasi, analisis data penelitian ini dengan kenyataan yang bersifat
khusus lalu disesuaikan dengan teori selanjutnya ditarik kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi segmentasi pada Bank
Muamalat KCP Madiun hanya menggunakan segmentasi geografis yaitu wilayah,
kota dan desa tetapi belum juga ada perubahan signifikan. Faktor penghambat yaitu
produk tabunganku tidak dilengkapi ATM, wilayah segmentasi yang cukup luas
yaitu Madiun, Ngawi, dan Magetan sampai kota dan desa sehingga nasabah yang
rumahnya jauh enggan melakukan transaksi di Bank, pesikografis dan kepribadian
nasabah produk ini tidak digunakan karena nasabah dengan seperti itu akan memilih
produk yang lebih fleksibel dan memiliki teknologi yang canggih dalam
bertransaksi. Pendukung produk tabunganku dapat dijangkau oleh semua
kalang, bebas biaya administrasi dan saldo awal yang terjangkau, bisa digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:25
Last Modified: 05 Dec 2024 07:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31232

Actions (login required)

View Item View Item