Strategi Edukasi Berbasis Digital untuk MeningkatkanPemahaman Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah

Maf’lukhatin, Elva (2022) Strategi Edukasi Berbasis Digital untuk MeningkatkanPemahaman Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180028_Elva Maf'lukhatin_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Edukasi perbankan merupakan pemberian informasi dan pemahaman pada
nasabah mengenai fungsi, kegiatan bank serta produk dan layanan yang
ditawarkan oleh bank. Dalam hal ini peran bank dalam mendorong pertumbuhan
ekonomi semakin strategis. Minimnya pemahaman masyarakat terhadap bank
syariah menjadi tantangan dalam upaya pengembangan bank syariah, salah satu
perbankan syariah yang melakukan edukasi yaitu Bank Muamalat KCP Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan strategi edukasi
pada Bank Muamalat KCP Madiun, faktor-faktor yang mendorong kegiatan
edukasi berbasis digital pada Bank Muamalat KCP Madiun, dan dampak strategi
edukasi berbasis terhadap pemahaman masyarakat. Penelitian ini menggunkan
penelitian kualitatif, data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara,
dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan cara diawali
memaparkan data hasil wawancara kemudian dibandingkan dengan teori para ahli
atau teori dari jurnal ilmiah terkait topik penelitian, kemudian dianalisis dan
diakhiri dengan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di Bank Muamalat KCP Madiun
beralamatkan di Jl. Kolonel Marhadi No.28 Nambangan Lor Kecamatan
Manguharjo Kota Madiun Jawa Timur.
Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa
Pelaksanaan edukasi berbasis digital pada Bank Muamalat KCP Madiun
dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap perbankan
syaria melalui pemberian informasi melalui media online seperti pemanfaatan
smartphone atau mobile learning, platform akun resmi bank muamalat Indonesia,
peng-upload an foto maupun video di akun resmi bank muamalat serta virtual
learning enviromen atau pemanfaatan situs website. Faktor yang mendorong
pelaksanaan edukasi yaitu minimnya pemahaman masyarakat terhadap perbankan
syariah, pemanfaatan teknologi yang berkembang, lemahnya digitalisasi
masyarakat. Dampak setelah dilaksankannya edukasi yaitu berkurangnya interaksi
secara langsung antara masyarakat dengan pihak bank, tingkat pemahaman materi
yang berbeda-beda, masih minimnya pemahaman masyarakat pada teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 06:50
Last Modified: 05 Dec 2024 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item