upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di smp ma’arif 1 ponorogo

Arsya Nurizky, Syafia (2021) upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di smp ma’arif 1 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200402_SYAFIA ARSYA NURIZKY_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurizky, Syafia Arsya, 2024. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.
Kata Kunci: Karakter Disiplin, Siswa, Pendidikan Agama Islam, Upaya Guru
Guru Pendidikan Agam Islam memiliki tugas penting dalam membentuk dan meningkatkan karakter disiplin peserta didik yaitu dengan adanya upaya guru dalam mendisiplinkan peserta didik dengan penerapan metode punishment di sekolah dan juga melalui program-program kegiatan sekolah, metode punishment ini ditekankan dalam bentuk yang bersifat mendidik. Guru-guru memberikan punishment berupa tugas tambahan seperti menghafal surat-surat pendek, menulis ayat Al-Qur'an. Melalui metode ini, peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yang sebelumnya tidak hafal atau memahami ayat-ayat tertentu secara perlahan menjadi lebih terbiasa dan bertambah wawasannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan disiplin peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. (2) enganalisis Indikator karakter disiplin peserta didik untuk menilai keberhasilan upaya guru Pendidikan Agama Islam. (3) menganalisis hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti ini yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah dengan menerapkan punishment edukatif dan program-program kegiatan sekolah. Bagi peserta didik yang tidak disiplin akan mendapat tugas tambahan seperti menulis ayat-ayat Al-Qur’an, menghafalkan surah-surah pendek (2) indikator karakter kedisiplin peserta didik sebagai bagian dari pengembangan karakter peserta didik. Dengan guru memberikan contoh dan menunjukkan teladan yang baik, menjadi inspirasi bagi peserta didik untuk mengembangkan perilaku serupa. Peserta didik mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab, disiplin dalam menaati aturan sekolah dan menjaga kehormatan dan norma sekolah. (3) hambatan dalam upaya meningkatkan karakter disiplin siswa melalui metode punishment. Hambatan ini tidak hanya berasal dari perbedaan karakter peserta didik, akan tetapi juga terkait dengan keterbatasan dukungan dari pihak orang tua serta tantangan era digital yang mempengaruhi motivasi peserta didik. Salah satu hambatan utama yang dihadapi guru PAI adalah keragaman karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:14
Last Modified: 05 Dec 2024 07:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item View Item