Alwi Andianov, Hafidz (2024) Penguatan Keterampilan Interpersonal Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di MTsN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208190068 HAFIDZ ALWI ANDIANOV T.IPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Andianov, Hafidz Alwi. 2024. Penguatan Keterampilan Interpersonal melalui Ekstrakurikuler Pramuka di MTsN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci: Penguatan, Keterampilan Interpersonal, Pramuka
Manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya membutuhkan suatu hubungan satu sama lain yakni salah satunya dengan cara berinteraksi. Tanpa adanya interaksi, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka selalu melakukan interaksi dengan manusia lainnya. Untuk melakukan interaksi dengan manusia lainnya dibutuhkan beberapa komponen pendukung salah satunya keterampilan interpersonal. Pada zaman sekarang keterampilan interpersonal sangat dibutuhkan dalam sebuah interaksi sosial, yang mana hal tersebut menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan dan penilaian sikap pada seseorang dalam dunia kerja. Keterampilan interpersonal tersebut dapat diinternalisasikan pada kegiatan di sekolah salah satunya ekstrakurikuler Pramuka. Jadi dengan mengikuti kegiatan Pramuka, para siswa MTsN 2 Ponorogo diharapkan menjadi masyarakat yang baik baik, bermoral, dan berguna bagi bangsa dan negara.
Tujuan dari penelitian ini antara lain 1) mendeskripsikan bentuk penguatan keterampilan interpersonal pada siswa kelas VII melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MTsN 2 Ponorogo. 2) untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan keterampilan interpersonal pada siswa kelas VII MTsN 2 Ponorogo. 3) untuk menganalisis dampak dari penguatan keterampilan interpersonal pada siswa kelas VII melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MTsN 2 Ponorogo.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, kemudian untuk teknik pengumpulan datanya terdiri atas observasi, wawancara interaktif terdiri atas 1 waka kesiswaan, 4 pembina Pramuka, dan 6 perwakilan siswa-siswi kelas VII sebagai narasumber, serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan dan triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan beberapa kegiatan dalam penguatan keterampilan interpersonal, meliputi: (1) Bentuk penguatan keterampilan interpersonal pada siswa kelas VII meliputi kegiatan mingguan seperti apel dan yel-yel. kegiatan bulanan seperti pionering dan lintas alam. Kegiatan tahunan seperti bakti sosial, operasi semut, dan kemah. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya dalam penguatan keterampilan interpersonal, (a) faktor pendukungnya meliputi faktor lingkungan, pembina Pramuka, dan sarana prasarana yang memadai. (b) faktor penghambatnya meliputi kurangnya rasa percaya diri pada siswa, karakter pada siswa, dan membentuk kelompok pertemanan sendiri. (3) Dampak dari kegiatan Pramuka dalam penguatan keterampilan interpersonal meliputi meningkatnya kepekaan dan kepedulian sosial siswa, pola pikir siswa yang berubah lebih baik, dan kemampuan adaptasi siswa yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Zazak Soraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31208 |
Actions (login required)
View Item |