Strategi Promosi Mobile Banking Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo

Zein, Nasrun Nelaferdiani (2022) Strategi Promosi Mobile Banking Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NASRUN NELAFERDIANI ZEIN-402180064-PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Promosi merupakan alat komunikasi antar perusahaan dan konsumen. Serta alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Promosi digunakan sebagai cara suatu perusahaan agar mampu untuk mencapai target dari apa yang telah ditentukan. Penggunaan mobile banking pada dasarnya mempermudah transaksi secara online. Namun kenyataannya meskipun sudah dilakukan promosi, pengguna mobile banking di Bank Muamalat KCP Ponorogo jumlahnya belum mencapai target.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis bentuk strategi promosi mobile banking, efektivitas strategi promosi mobile banking, dan faktor penghambat dari mobile banking di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, setelah itu data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh Bank Muamalat KCP Ponorogo ialah periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas. Media yang digunakan dalam periklanan seperti media brosur, dan story WhatsApp, untuk penjualan pribadi melalui customer service, untuk publisitas seperti bekerja sama dengan instansi terkait. Bank Muamalat Ponorogo menerapkan langkah pengembangan komunikasi efektif sebagai indikator efektivitas strategi promosi untuk mencapai strategi promosi yang efektif. Startegi promosi yang dilakukan oleh Bank Muamalat Ponorogo cukup efektif akan tetapi belum memenuhi target nasabah penguna mobile banking yaitu 90% dari nasabah tabungan. Nasabah yang belum menggunakan mobile banking karena takut data pribadi di salah gunakan dan berhemat agar tidak berbelanja online ataupun top up e-commerce. Beberapa faktor penghambat dalam strategi promosi ialah kesalahan dalam memilih sasaran Tidak cukup modal dan alokasi yang tidak tepat, Mutu jasa yang semakin menurun. Dari beberapa faktor penghambat strategi promosi tersebut, yang paling dominan ialah kesalahan dalam memilih sasaran. Kesalahan memilih sasaran meliki dampak yang cukup besar kedalam strategi promosi, karena berdampak kepada kenaikan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 02:14
Last Modified: 05 Dec 2024 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item View Item