Putri, Sedinadia (2022) Pengaruh Modal dan Strategi Pemasaran Online terhadap Pengembangan UMKM pada Kelompok UMKM di Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180311_Sedinadia Putri_Ekonomi Syariah.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Madiun
merupakan suatu fasilitas untuk para pelaku UMKM yang sudah memiliki
perizinan usaha namun belum memiliki tempat usaha untuk menjalankan
usahanya. Kelompok ini terletak di berbagai pusat wisata kota Madiun. Dengan
adanya kelompok UMKM ini tujuannya agar usahanya mencapai hasil
pengembangan dengan maksimal. Namun pada kenyataannya pengembangan
usaha pada kelompok UMKM di Kota Madiun masih belum berkembang. Dari
hasil wawancara yang dilakukan diketahui bahwa adanya perbedaan antara teori
dengan praktik dilapangan terkait dengan modal dan pemanfaatan teknologi dalam
strategi pemasarannya. Penambahan modal dan pemanfaatan teknologi dalam
strategi pemasaran dalam usaha tidak menjadikan usaha yang dijalankan
mengalami perkembangan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini
bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah modal dan strategi pemasaran
online berpengaruh positif terhadap pengembangan UMKM pada Kelompok
UMKM di Kota Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
jumlah populasi 300 dan sampel sebanyak 75 responden. Dalam penelitian ini
menggunakan teknik Probability Sampling jenis Simple Random Sampling serta
metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data
statistik menggunakan SPSS 16.0. penelitian ini meggunakan uji validitas,
reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji-t dan uji-f), uji
regresi linier berganda, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modal berpengaruh positif
dan signifikan terhadap pengembangan UMKM pada kelompok UMKM di Kota
Madiun, (2) strategi pemasaran online berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pengembangan UMKM pada kelompok UMKM di Kota Madiun, (3) modal dan
strategi pemasaran online secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pengembangan UMKM pada kelompok UMKM di Kota Madiun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Yunita |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31177 |
Actions (login required)
View Item |