Yasyrifa, Nauradina (2024) Komparasi Motivasi Belajar Fikih Berdasarkan Penerapan Media Pembelajaran Gambar dan Video Animasi Pada Siswi Kelas VII di SMPIT Darut Taqwa Putri Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200356_Nauradina Yasyrifa_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh informasi bahwa masih rendahnya motivasi belajar siswi di kelas VII SMPIT Darut Taqwa Putri Ponorogo. Hal ini ditandai dengan bukti: salah satunya tidak fokus ketika guru menjelaskan, bermain atau mengobrol sendiri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut salah satunya media pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar fikih siswi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran gambar, (2) mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar fikih siswi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran animasi, (3) tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara media pembelajaran gambar dan animasi dalam hal motivasi belajar fikih siswi.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan ku+antiatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPIT Darut Taqwa Putri Ponorogo. Adapun sampel yang diambil yaitu kelas VII C dan VII D yang terdiri dari 48 siswi dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian pada penelitian ini dengan observasi, angket (kuesioner), dan menganalisis data menggunakan analisis statistika komparatif wilcoxon sign rank, paired simple test, dan independent sample t test.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) diketahui Asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0.165 > 0.05, yang artinya tidak ada perbedaan antara hasil belajar fikih pre¬-test dan post-test menggunakan media pembelajaran gambar. (2) nilai Sign. 2-Tailed adalah sebesar 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar fikih pre-test dan post-test menggunakan media pembelajaran animasi. (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar fikih siswi menggunakan media pembelajaran gambar dan media pembelajaran animasi dinyatakan dengan nilai P-value (Sign.) sebesar 0,975 > α sebesar 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 01:23 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31157 |
Actions (login required)
View Item |