Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Pada Rumah Laundry Di Desa Biting Badegan Ponorogo.

Istiqomah, Nurul Khoir (2022) Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Pada Rumah Laundry Di Desa Biting Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180280_NURUL KHOIR ISTIQOMAH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumah Loundry adalah sebuah usaha bidang jasa yang berada di desa Biting Badegan Ponorogo. Usaha Rumah Loundry mulai dirintis sekitar tahun 2014 awal bulan Maret, usaha tersebut dijalankan setelah pemilik usaha pindah dengan suaminya di desa Biting Kecamatan Badegan dan kebetulan didaerah tersebut belum ada laundry. Dari hasil wawancara dapat ketahui bahwa masyarakat desa Biting dan sekitarnya lebih memilih merekomendasikan jasa laundry Rumah Laundry dengan alasan bahwa pada jasa tersebut menawarkan harga yang murah dan berkualitas serta tetap mengutamakan kepuasan konsumen yang diimbangi dengan etika dalam berbisnis menurut Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan oleh Rumah Laundry terhadap kepercayaan dan kepuasan konsumennya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Accidental Sampling yaitu mengambil responden sebagai sampel berdasarkan kebetulan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Rumah Laundry dengan populasi yang tidak diketahui dan sampel jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dari bukti nota konsumen. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan penyebaran kuisioner/angket.
Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan aplikasi software Eview 12 dengan tahapan uji asumsi klasik serta uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel etika dan kualitas berpengaruh pada variabel kepuasan konsumen Rumah Laundry. Sedangkan pada variabel etika dan kualitas berpengaruh variabel kepuasan konsumen Rumah Laundry. Nilai R-Square sebesar 13,75% pada variabel etika dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan pada kepercayaan konsumen, sedangkan 86,25% dipengaruhi oleh lainnya. Pada variabel etika dan kualitas dengan nilai R- Square sebesar 28,12% berpengaruh secara simultan pada kepuasan konsumen, sedangkan 71,88% dipengaruhi oleh lain. Sehingga dengan hal ini, perlu adanya peningkatan pada segi penerapan etika bisnis islam yang dibarengi dengan kualitas layanan untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen pada Rumah Laundry di Desa Biting Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 08:21
Last Modified: 04 Dec 2024 08:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31145

Actions (login required)

View Item View Item