Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Sablon di Dimas Percetakan Desa Sumoroto (Studi Kasus pada Aspek Pemasaran)

Mirnawati, Mirnawati (2022) Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Sablon di Dimas Percetakan Desa Sumoroto (Studi Kasus pada Aspek Pemasaran). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180246_MIRNAWATI_EKONOMI SYARIAH.pdf-2-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri konveksi sablon kaos adalah salah satu industri kecil dan menengah yang
cukup populer di Indonesia. Menurut teori, usaha sablon merupakan usaha yang rutin
artinya meskipun tidak setiap saat konsisten jumlah produksi pembuatannya akan tetapi
tetap ada yang senantiasa membutuhkan seperti organisasi yang ingin membuat seragam
untuk ciri khas atau lambang kekompakan. Misalnya saat akan diadakan pelaksanaan
suatu acara, para anggota organisasi akan memesan kaos sablon untuk seragam agar
terlihat lebih rapi dan kompak. Dikarenakan begitu banyaknya organisasi dan kelompok
yang berdiri di negara ini sangat banyak maka dapat prediksi bahwa usaha sablon bisa
bertahan hingga jangka waktu yang panjang. Hal itu tentu harus didukung dengan
kemampuan perusahaan dalam memperhatikan strategi pengelolaan dan pengembangan
usaha serta bagaimana menjaga loyalitas dan kepercayaan konsumen agar perusahaan
bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Namun, secara praktis hal tersebut belum
berhasil secara maksimal pada usaha dimas percetakan di Desa Sumoroto ini, dimana
strategi pengelolaan yang dilakukan tidak berbanding lurus dengan perkembangan usaha.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi
pengelolaan yang dilakukan Dimas Percetakan dalam upaya pengembangan perusahaan.
Strategi pengelolaan tersebut meliputi bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.
Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimana strategi pemasaran
yang dilakukan dan apa kendala yang menghambat usaha Dimas Percetakan dalam
pengembangan usaha, serta bagaimana dampak dari strategi pemasaran yang dilakukan
selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data penulis menggunakan analisis data secara
induktif dengan metode analisis reduction, data display, dan verification.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perusahaan Dimas Percetakan
menggunakan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) dalam
upaya mengembangkan usahanya. Secara umum, Dimas Percetakan Sumoroto sudah
menerapkan strategi pemasaran STP sebagaimana mestinya, akan tetapi masih perlu
evaluasi untuk lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:02
Last Modified: 04 Dec 2024 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item